Ada Pocong Bawa Keranda Keliling di Tangerang

Tenang, itu sosialisasi bahaya COVID-19 kok guys~

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang melakukan sosialisasi unik mengenai bahayanya COVID-19 dan pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Ada "pocong" dan "keranda mayat" yang berkeliling di Pasar Tradisional Desa Cikupa.

Penampakan mereka sontak menjadi perhatian warga yang melihat pada Senin (31/8/2020). Di belakang sosok pocong, tampak beberapa petugas mengenakan hazmat menggotong keranda mayat. 

Menurut Camat Cikupa Abdullah, pocong dan keranda itu akan berkeliling seminggu sekali. "Tidak setiap hari," kata dia ketika dikonfirmasi Selasa (1/9/2020). 

1. Dilakukan untuk menyadarkan masyarakat akan bahayanya COVID-19

Ada Pocong Bawa Keranda Keliling di TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Camat Abdullah menjelaskan sosialisasi menggunakan ilustrasi pocong dan keranda mayat di pasar tradisional itu untuk memberikan peringatan kepada mereka yang acuh pada penggunaan masker.

"Kita ingin masyarakat sadar bahwa COVID-19 ini masih ada di tengah masyarakat dan masih mematikan," kata Abdullah.

Angka konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Tangerang masih terus menanjak. Hal tersebut diduga lantaran masyarakat mulai abai dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama di tempat-tempat orang berkerumun, seperti pasar tradisional.

2. Tingkat kepatuhan masyarakat mulai menurun

Ada Pocong Bawa Keranda Keliling di TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Abdullah mengaku, saat ini tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol COVID-19 di wilayah Cikupa mulai menurun. Pasalnya, banyak warga yang sudah mengabaikan penggunaan masker, terutama di tempat-tempat keramaian seperti di pasar tradisional dan tempat umum lainnya.

"Kami melihat masyarakat sudah enggan memakai masker, menjaga jarak, dan menerapkan protokol kesehatan lainnya, sehingga dengan sosialisasi ini kami berharap masyarakat kembali sadar," jelasnya. 

Menurutnya, dari hasil evaluasi pada awal-awal merebaknya wabah COVID-19 sebenarnya tingkat kepatuhan masyarakat dalam penggunaan masker sudah 80 persen, akhir-akhir ini tingkat kepatuhan masyarakat mulai menurun.

3. Kecamatan Cikupa masuk tiga besar angka positif COVID-19 di Kabupaten Tangerang

Ada Pocong Bawa Keranda Keliling di TangerangIDN Times/Paulus Risang

Abdullah menerangkan, wilayah Kabupaten Tangerang yang sudah zona kuning kembali menjadi orange dan mendekati zona merah gara-gara kesadaran dan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan sudah mulai berkurang. 

"Wlayah Kecamatan Cikupa kini menempati posisi ketiga sebagai salah satu daerah pandemi terbanyak dengan 11 kasus positif COVID-19 di bawah Kecamatan Curu, Pasar Kemis, Kelapa Dua," kata Abdullah.

4. Berikan sanksi sosial bagi pelanggaran protokol kesehatan di tempat umum

Ada Pocong Bawa Keranda Keliling di TangerangIDN TImes/Ita Malau

Ia menambahkan, tindak lanjut dari sosialisasi tersebut yakni akan mengenakan sanksi sosial seperti push up dan sanksi administrasi sesuai Pergub Banten Nomor 28 tahun 2020 tentang pemberian denda sebesar Rp100 ribu bagi warga yang tidak memakai masker. 

"Untuk itu, masyarakat diharapkan dapat sadar untuk menerapkan 3M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," tuturnya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya