Comscore Tracker

Hotel Yasmin Gantikan Griya Anabatic Jadi Rumah Isolasi Pasien OTG

Griya Anabatic batal digunakan untuk merawat OTG. Kenapa?

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Tangerang batal menyewa Wisma Griya Anabatic, Komplek Dasana Indah, Bojong Nangka, Kabupaten Tangerang untuk pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG). Sebagai gantinya, Pemkab Tangerang akan menggunakan Hotel Yasmin.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, pembatalan tersebut dilakukan lantaran Griya Anabatic dinilai tidak memiliki kapasitas kamar yang banyak. 

Baca Juga: [FOTO] Tangerang Zona Merah, Griya Anabatic Kembali Dibuka untuk OTG

1. Rumah isolasi akan dialihkan ke Hotel Yasmin

Hotel Yasmin Gantikan Griya Anabatic Jadi Rumah Isolasi Pasien OTGIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengungkap, perawatan pasien COVID-19 yang tanpa gejala nantinya akan dilakukan di Hotel Yasmin yang berada Jalan Raya Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. 

"Kalau Griya Anabatic hanya bisa 150 kamar maksimal, sementara di Hotel Yasmin bisa sampai 240 kamar," ujar Zaki di Pendopo Bupati Tangerang, Jum'at (11/9/2020).

Baca Juga: Arief Minta Warga Kota Tangerang Waspadai Klaster Hotel

2. Hotel Yasmin dapat merawat pasien OTG klaster keluarga

Hotel Yasmin Gantikan Griya Anabatic Jadi Rumah Isolasi Pasien OTGIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Zaki menuturkan, alasan lain yang membuat pihaknya memakai Hotel Yasmin lantaran adanya fasilitas kamar yang memungkinkan merawat klaster keluarga. Sehingga, hal tersebut dinilai lebih efektif dalam menampung pasien OTG. 

"Kalau di Griya Anabatic, satu kamar hanya bisa diisi satu orang, tapi kalau di Hotel Yasmin bisa dua kamar untuk satu keluarga.  Jadi Bapak, Ibu, dengan anak dua bisa dirawat bersama," jelasnya.

Saat ini, dia menambahkan, klaster keluarga menjadi salah satu yang menyumbang angka konfirmasi positif di Kabupaten Tangerang. 

"Nah ini, klaster keluarga yang sekarang sedang berkembang di kabupaten Tangerang, jadi dengan pertimbangan tersebut kita pindahkan rumah singgah itu ke Hotel Yasmin," tuturnya. 

3. Beroperasi mulai tanggal 17 September 2020

Hotel Yasmin Gantikan Griya Anabatic Jadi Rumah Isolasi Pasien OTGIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Zaki memastikan pihaknya akan mulai mengoperasikan Hotel Yasmin sebagai tempat isolasi mandiri pasien OTG pada 17 September 2020 mendatang. 

"Mulai beroperasi pada 17 September 2020 Hotel Yasmin akan difungsikan sebagai rumah isolasi pasien OTG baik yang klaster keluarga maupun perorangan," tuturnya. 

Diberitakan sebelumnya, Wisma Griya Anabatic rencananya akan menjadi rumah isolasi bagi pasien terkonfirmasi COVID-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG). Adapun, terdapat 194 kamar yang tersedia dengan maksimal satu pasien di setiap kamar. 

Baca Juga: 31 Warga Kabupaten Tangerang Positif COVID-19, Diduga Klaster Pabrik

Topic:

  • Maya Aulia Aprilianti
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya