Pelajar Tangsel Wakili Indonesia di Ajang Ilmuwan Muda di Malaysia

Mereka bertanding melawan 11 negara, loh!

Tangerang, IDN Times - Pelajar SMP Islam Amalina Kota Tangerang Selatan mewakili Indonesia di ajang 13th Regional Congress Search for SEAMEO Young Scientist 2024 yang diselenggarakan di Penang, Malaysia pada 10-14 Juni 2024.

Kegiatan ini sendiri merupakan ajang bergengsi bagi para ilmuwan muda di Asia Tenggara untuk memamerkan karya ilmiah mereka. Lomba ini diselenggarakan oleh Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO), dan diikuti oleh para siswa dari berbagai negara di Asia Tenggara.

Kayla Alika Ilmi salah satu perwakilan dari SMP Islam Amalina mengaku bangga bisa mengikuti ajang bergengsi tingkat Asean tersebut. Kayla juga menjelaskan bahwa timnya telah menyiapkan karyanya sejak dua bulan yang lalu.

"Kami mempersiapkan robot kura-kura pengukur kualitas air ini sekitar dua bulan yang lalu, mulai dari konsep, sampai proses pemrogramaan dan uji coba," kata siswa kelas IX tersebut, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga: KPU Tangsel Targetkan 75 Persen Partisipasi Pemilih di Pilkada

1. Kayla dan tim bakal bertanding melawan 11 negara lain

Pelajar Tangsel Wakili Indonesia di Ajang Ilmuwan Muda di MalaysiaDok. SEAMEO

Kayla mengungkapkan, dia dan tim telah mempersiapkan diri untuk bisa bertanding melawan tim dari 11 negara lainnya. Ia pun yakin bisa maksimal dalam memberikan inovasinya di ajang tersebut.

"Alhamdulillah kami bisa terpilih sebagai finalis dan berkesempatan menampilkan karya ilmiah kami untuk bersaing dengan peserta lain yang berasal dari 11 negara di Asean," ujarnya.

2. Ada 3 tim yang lolos ke ajang tersebut

Pelajar Tangsel Wakili Indonesia di Ajang Ilmuwan Muda di MalaysiaDok. SMP Islam Amalina

Kepala Sekolah SMP Amalina, Fendra Kusnuryadi mengatakan, dalam ajang tahunan tersebut, SMP Islam Amalina mengirimkan tiga kelompok siswa berprestasi yang menampilkan karya-karya ilmiah yang kreatif, antara lain Pengusir Nyamuk Herbal, Robot Pengukur Kualitas Air, dan Obat Cacing dari Biji Pepaya.

Sebanyak 3 tim yang terdiri dari 12 peserta didik, kata dia,  masuk final ajang Search for SEAMEO Young Scientist 2024 itu. 

"Dengan bangga, kami mengucapkan selamat berjuang kepada 3 tim," ungkap Fendra.

3. Fendra berharap tim tersebut bisa memotivasi siswa lainnya untuk terus berinovasi

Pelajar Tangsel Wakili Indonesia di Ajang Ilmuwan Muda di MalaysiaDok. Amalina School

Fendra juga mendoakan agar para peserta didiknya tersebut bisa meraih hasil terbaik untuk Indonesia. Serta, tim yang bertanding bisa memotivasi siswa lainnya untuk terus berinovasi.

"Semoga mereka berhasil mendapatkan hasil terbaik dan memperoleh kemenangan," katanya.

Baca Juga: Pengamat UIN: Benyamin-Pilar Belum Punya Pesaing di Pilkada Tangsel

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya