Comscore Tracker

Pemkab Tangerang Minta Pengelola Taman Solear Antisipasi Cacar Monyet

Di Taman Solear, banyak monyet liar berkeliaran

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang meminta pengelola wisata Taman Solear, Cikupa untuk mengantisipasi adanya penyebaran cacar monyet atau monkeypox. Hal tersebut lantaran, tempat wisata tersebut terkenal dengan banyaknya monyet liar yang biasa berinteraksi dengan pengunjung.

"Kita imbau pengelola untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap penyebaran cacar monyet ini," kata Kabid P2P Dinkes Kabupaten Tangerang, Sumihar Sihaloho, Sabtu (6/8/2022).

Baca Juga: 6 Hotel Buat Staycation di Tangerang, Rekomendasi Buat Kamu

1. Minta pengelola larang pengunjung interaksi dengan monyet liar

Pemkab Tangerang Minta Pengelola Taman Solear Antisipasi Cacar MonyetIlustrasi (Pexel/Klub Boks)

Sumihar pun meminta, pengelola untuk tidak memperbolehkan pengunjung Taman Solear tersebut untuk berinteraksi fisik dengan monyet-monyet liar yang ada di tempat tersebut. Hal tersebut lantaran cacar monyet merupakan penyakit zoonosis, sehingga harus diantisipasi penularan dari monyet ke manusia.

"Jika dalam keadaan tertentu, pengunjung mengalami gigitan dari monyet, maka untuk penanganan awal dapat dilakukan observasi apakah pengunjung mengalami gejala yang mengarah seperti monkeypox agar dapat dilakukan isolasi segera," ujar Sumihar.

2. Sudah sebarluaskan informasi soal cacar monyet di masyarakat

Pemkab Tangerang Minta Pengelola Taman Solear Antisipasi Cacar Monyetilustrasi monkeypox (pixabay.com/TheDigitalArtist)

Sumihar mengungkapkan, pihaknya saat ini telah menyebarkan informasi mengenai cacar monyet ini di berbagai media. Hal tersebut agar masyarakat bisa waspada jika menemukan gejala paparan.

"Di media sosial, website, juga spanduk yang kita pasang di tempat-tempat umum, sehingga masyarakat tahu bagaimana gejala dan antisipasinya," jelasnya.

3. Siapkan fasilitas kesehatan jika ditemukan kasus paparan cacar monyet

Pemkab Tangerang Minta Pengelola Taman Solear Antisipasi Cacar Monyetilustrasi monkeypox atau cacar monyet (poison.org)

Pihaknya pun, lanjut Sumihar, telah menyiapkan setiap Puskesmas, rumah sakit, dan Laboratorium yang ada di Kabupaten Tangerang untuk menangani pasien cacat monyet ini. Namun, sama seperti pencegahan COVID-19, Sumihar meminta warganya untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas di luar. 

"Dapat dengan menggunakan masker, karena cacar monyet dapat menyebar melalui mulut ke mulut. Juga dengan menghirup serpihan kulit atau virus misalnya dari pakaian orang yang terinfeksi," ungkap Sumihar. 

Ia pun meminta masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan mengonsumsi makanan bergizi agar daya tahan tubuh meningkat.

"Sampai saat ini pengobatan yang spesifik untuk cacar monyet masih terbatas tahap pengembangan. Pengobatan lebih  bersifat simptomatis dan suportif," jelasnya.

Baca Juga: Waspada! Pelaku Hipnotis Berkeliaran di Kota Tangerang

Topic:

  • Martin Tobing
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya