Posko Kesehatan di Soetta, Antisipasi Penumpang Mudik Membeludak

Posko kesehatan ini beroperasi 24 jam

Tangerang, IDN Times - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) membuka posko kesehatan di terminal-terminal yang beroperasi. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi membeludaknya penumpang saat arus mudik Lebaran 2023. 

"Betul, kami buat posko kesehatan sebagai antisipasi karena kasus COVID-19 masih ada, juga antisipasi penyakit menular lainnya," kata Kepala KKP Bandara Soetta, Naning Nugrahini, Sabtu (18/3/2023).

Baca Juga: Ada Larangan Baju Bekas Impor, Ini Kata Bea Cukai Bandara Soetta

1.Penumpang angkutan Lebaran di Bandara Soetta diprediksi meningkat signifikan

Posko Kesehatan di Soetta, Antisipasi Penumpang Mudik MembeludakIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Pihaknya, kata Naning, memprediksi penumpang angkutan Lebaran tahun 2023 ini bakal membeludak lantaran perekonomian mulai pulih pasca pandemik COVID-19.

"Terlebih melalui Bandara Soekarno-Hatta," tuturnya.

2. Posko bakal beroperasi 24 jam

Posko Kesehatan di Soetta, Antisipasi Penumpang Mudik MembeludakTim KKP melaksanakan pemeriksaan/observasi terhadap penumpang maupun kru kapal Coral Adventure, Rabu (11/3). IDN Times/Dokumentasi KKP

Posko kesehatan tersebut, kata Nining, bakal disiapkan di setiap terminal di Bandara Soetta, baik di kedatangan maupun keberangkatan. "Diintensitaskan dengan pengawasan secara berlapis karena diprediksi akan banyak penumpang," katanya.  

Menurutnya, posko kesehatan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah nanti, dibuka selama 24 jam setiap harinya, dengan petugas kesehatan yang diterjunkan sebanyak 44 orang.

"Dalam Posko Kesehatan nanti disiapkan ruang instalasi gawat darurat (IGD) serta fasilitas ambulans," ujarnya.

3. Penumpang diimbau menjaga kondisi kesehatan sebelum berangkat mudik

Posko Kesehatan di Soetta, Antisipasi Penumpang Mudik MembeludakIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Nining pun mengimbau, para calon penumpang di Bandara Soetta agar selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh serta selalu menerapkan protokol dalam aktivitas sehari-harinya. Karena, bagaimana pula wabah COVID-19 masih ada dan bahkan varian penyakit menular jenis lainnya terus bermunculan.

"Walau bagaimana COVID-19 masih ada dan ada pula virus flu burung varian baru serta penyakit lainnya yang harus diantisipasi penyebarannya," kata dia.

Baca Juga: Keberangkatan Jemaah Umrah Meningkat Jelang Ramadan di Bandara Soetta

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya