Waspada Omicron, Pemkab Tangerang Tracing Warga Dari Luar Negeri

Warga dari luar negeri wajib menjalani tes antigen

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Tangerang meningkatkan kewaspadaan terkait telah terdeteksinya COVID-19 varian Omicron di Indonesia. Salah satunya dengan cara melakukan tracing bagi warganya yang baru pulang dari luar negeri.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmizi mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi masuknya COVID-19 varian asal Afrika Selatan tersebut di Kabupaten Tangerang.

"Ini salah satu antisipasi kita, sehingga jika memang ada maka dapat terdeteksi lebih awal," kata Hendra, Jum'at (17/12/2021).

1. Warga baru pulang dari luar negeri akan diminta tes antigen

Waspada Omicron, Pemkab Tangerang Tracing Warga Dari Luar NegeriIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Hendra menuturkan, warga yang baru saja pulang dari luar negeri akan diwajibkan untuk melakukan tes antigen sebagai bentuk tracing.

"Jika nanti ditemukan ada yang reaktif maka akan kita lakukan PCR dan kita isolasi," jelasnya.

2. Berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait data

Waspada Omicron, Pemkab Tangerang Tracing Warga Dari Luar NegeriPetugas medis melakukan rapid tes antigen COVID-19 kepada calon penumpang Kereta Api (KA) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (21/12/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Hendra menyebut, pihaknya pun berkoordinasi dengan pihak RT dan RW di setiap wilayah untuk mendata warganya yang baru saja kembali bepergian dari luar negeri.

"Nantinya petugas akan datang ke rumah warga tersebut untuk melakukan tes," tuturnya.

3. Tetap diwajibkan tes antigen meski sudah karantina

Waspada Omicron, Pemkab Tangerang Tracing Warga Dari Luar NegeriSuasana RS Darurat COVID-19 di Kemayoran (Youtube/Sekretariat Presiden)

Meski telah menjalani karantina, lanjut Hendra, warga yang berdomisili di Kabupaten Tangerang tetap harus mengikuti tes antigen. Hal tersebut untuk memastikan kembali warga tersebut tidak membawa COVID-19 khususnya varian Omicron.

"Selain itu, dari sisi kesehatan kami menguatkan 3T yaitu Tracking, Tracing dan Treament, serta dari sisi Satgas COVID-19 kami lebih mengepankan 3 M, makai masker, menghindari kerumunan dan mencuci tangan pakai sabun," kata Hendra.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya