Comscore Tracker

Cegah Monkeypox, KKP Bandara Soetta Perketat Kedatangan Internasional

Pemeriksaan berbeda dengan COVID-19

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta memperketat pengawasan di pintu masuk kedatangan internasional. Hal tersebut dilakukan setelah adanya temuan satu pasien cacat monyet yang memiliki riwayat bepergian ke luar negeri, beberapa waktu lalu.

"Pengawasan ditingkatkan serta sosialisasi kepada komunitas bandara tentang gejala dan tanda," ungkap Kepala KKP Bandara Soetta Darmawali Handoko  pada Rabu (24/8/2022).

Baca Juga: Waspada Cacar Monyet, Pemkab Tangerang Siapkan Tempat Karantina

1. Pemeriksaan tak seperti kasus COVID-19 

Cegah Monkeypox, KKP Bandara Soetta Perketat Kedatangan InternasionalIDN Times/Dok. Maya Aulia Aprilianti

Darmawali mengatakan, tak seperti pengawasan saat COVID-19, pihaknya lebih menekankan pada adanya tanda fisik, seperti bintik atau ruam merah yang disertai dengan demam.

"Maka, kami menyosialisasikan kepada petugas stakeholder di Bandara Soekarno Hatta dengan pengawasan penumpang dengan tanda seperti itu," kata Darmawali.

2. Penumpang yang datang, wajib membuka masker saat pemeriksaan

Cegah Monkeypox, KKP Bandara Soetta Perketat Kedatangan InternasionalIDN Times/Dok. Maya Aulia Aprilianti

Darmawali menuturkan, salah satu yang dilakukan adalah petugas yang berada di Security Check Point (SCP) 2 bakal mengharuskan penumpang membuka masker untuk pengenalan wajah.

Saat itu, petugas akan sekalian melakukan screening terhadap cacar monyet, dengan melihat tanda-tanda seperti melihat adakah bintik merah di area wajah, tangan, dan leher penumpang tersebut. 

"Begitu juga dengan petugas maskapai, yang diimbau melakukan screening serupa," jelasnya.

3. Jika ditemukan penumpang suspek bakal diisolasi

Cegah Monkeypox, KKP Bandara Soetta Perketat Kedatangan InternasionalIlustrasi Monkeypox (poison.org)

Bila memang ditemukan adanya tanda tersebut, maka KKP Bandara Soekarno Hatta bakal melakukan langkah protokol isolasi sementara kepada penumpang.

"Di tiap terminal Bandara Soetta disediakan klinik dengan ruang isolasi sementara, nanti akan dibawa ke sana. Untuk kemudian mengisi form gejala yang dirasakan pasien, untuk kemudian dibawa ke rumah sakit yang sudah berkoordinasi dengan kami, untuk penanganan lebih lanjut," tuturnya.

Hingga saat ini, kata dia, petugas belum menemukan penumpang dengan gejala cacar monyet di Bandara Soekarno Hatta. Meski begitu pengawasan ketat tetap dilakukan, baik di kedatangan dalam ataupun luar negeri.

"Ini kan bukan spesifik dari negara mana wabah itu dibawa, jadi pengawasan kami lakukan di kedatangan dalam dan luar negeri," ujarnya.

Baca Juga: Calon Penumpang Bandara Soetta Belum Vaksin Booster? Wajib PCR!

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya