25 Jenazah COVID-19 Dimakamkan di TPU Kedaung Wetan Kota Tangerang 

TPU itu baru beroperasi, menggantikan TPU Selapajang

Kota Tangerang, IDN Times - Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Tempat Pemakaman Umum (TPU) Selapajang, Kota Tangerang, Dedi Yuri menyebut, sudah 25 jenazah COVID-19 yang dimakamkan di TPU baru. TPU baru itu berada di Kedaung Wetan, Neglasari, Kota Tangerang.

"Ini kan pemakaman baru ya, enggak cuma buat (jenazah) COVID-19 aja, tapi umum. Tapi kalau yang (jenazah) COVID-19, selama seminggu ini, sudah ada 25-an jenazah," kata dia melalui sambungan telepon, Senin (2/8/2021).

Sebagaimana diketahui, TPU Kedaung Wetan merupakan TPU khusus COVID-19 yang dioperasikan untuk menggantikan TPU Selapajang yang sudah penuh.

Baca Juga: Barisan Salib dan Nisan COVID-19 Terus Bertambah di Tangerang Raya

1. Jumlah jenazah terus menurun

25 Jenazah COVID-19 Dimakamkan di TPU Kedaung Wetan Kota Tangerang Suasana TPU Selapajang Jaya, Tangerang, Banten. (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Dedi menyebut, jumlah jenazah COVID-19 yang dimakamkan di TPU baru itu per harinya menurun jika dibandingkan dengan jumlah jenazah yang dimakamkan di TPU Selapajang, Neglasari.

Menurut Dedi, jumlah jenazah yang dimakamkan menurun itu usai diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Dia mencontohkan, pada Minggu kemarin, ada empat jenazah yang dimakamkan di TPU baru itu.

"Sebelum PPKM level 4, di TPU Selapajang, itu kira-kira bisa 20-40 jenazah tiap hari. Di TPU baru, itu kira-kira 3 sampai 4 jenazah," kata dia.

Baca Juga: 6 Potret Peti Mati yang Kian Dicari di Tengah Pandemik COVID-19

2. Tim penggali makam sudah bisa "bersantai"

25 Jenazah COVID-19 Dimakamkan di TPU Kedaung Wetan Kota Tangerang Penggali makam yang bertugas di TPU Buniayu, Tangerang, Banten. (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Dedi mengakui, tim penggali makam kini telah memiliki cukup banyak waktu luang untuk beristirahat. Pasalnya, saat jumlah jenazah COVID-19 masih tinggi, pihaknya jarang memiliki waktu lengang.

Mereka kerap bekerja hingga di atas pukul 23.00 WIB saat per harinya ada 20 sampai 40 jenazah.

"Ibaratnya sekarang, karena jumlah jenazahnya sedikit, kami jadi bisa santai," tutur dia.

3. TPU Kedaung Wetan juga terima pasien non-COVID-19

25 Jenazah COVID-19 Dimakamkan di TPU Kedaung Wetan Kota Tangerang IDN Times/Muhamad Iqbal

Dedi mengatakan, TPU baru di Kedaung Wetan itu juga menerima pemakaman bagi jenazah non COVID-19. Selain itu, saat ini, pemakaman untuk jenazah COVID-19 atau non-COVID-19 dialihkan ke TPU di Kedaung Wetan.

"Karena lahan yang di TPU Selapajang sudah penuh, jadi dipindahkan dulu semuanya ke Kedawung Wetan. Lokasinya (TPU Kedawung Wetan) kan enggak jauh dari TPU Selapajang, enggak sampai 1 kilometer," kata Dedi.

Baca Juga: Arief: Faskes COVID-19 Kota Tangerang Terbanyak di Tangerang Raya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya