Dinkes Kota Tangerang Minta Warga Waspadai Suhu Panas Ekstrem

Ini langkah yang bisa dilakukan untuk cegah sakit di kemarau

Kota Tangerang, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni meminta warga lebih waspada terahadap dampak kesehatan saat kondisi cuaca kemarau dengan suhu yang panas ekstrem. Hal itu dapat menyebabkan dehidrasi apabila masyarakat tidak mengonsumsi air mineral dengan cukup.

Suhu dan polusi udara saat ini dalam kategori tinggi sehingga potensi warga terkena infeksi saluran napas akut.

1. Warga harus minum air yang cukup

Dinkes Kota Tangerang Minta Warga Waspadai Suhu Panas Ekstremilustrasi dehidrasi (pexels.com/maumascaro)

Dini mengatakan, untuk mengatasi agar tidak mengalami dehidrasi tentunya dengan mengonsumsi air mineral dengan cukup. Orang dewasa mengonsumsi air mineral dalam sehari sebanyak dua liter atau delapan gelas.

"Tetapi, perlu diingat jangan sampai berlebihan karena akan mengakibatkan overhidrasi yang beresiko mengganggu keseimbangan elektrolit berupa hiponatremia atau menurunnya kadar garam dalam tubuh," kata Dini, Jumat (6/10/2023).

Baca Juga: Bulog dan Pemkot Tangerang Salurkan 20.700 Kg Beras Murah

2. Gunakan tabir surya juga

Dinkes Kota Tangerang Minta Warga Waspadai Suhu Panas Ekstremilustrasi penggunaan tabir surya untuk mencegah kanker (publicdomainpictures.net/Jean Beaufort)

Dini mengatakan, selain menjaga hidrasi tubuh dan menggunakan masker, masyarakat Kota Tangerang juga diimbau untuk menggunakan tabir surya sebelum bepergian keluar. 

Lalu, jika bepergian di siang hari jangan lupa gunakan payung dan juga topi agar kulit dan kepala tidak terpapar sinar matahari secara langsung karena di siang hari matahari biasanya akan sangat terik.

"Jika dirasa tidak ada kepentingan untuk pergi, sebaiknya agar tetap di rumah," kata dia.

3. Warga harus menjaga kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Minta Warga Waspadai Suhu Panas Ekstremilustrasi PHBS (Dok.IDN Times/Istimewa)

Dini mengimbau, agar masyarakat Kota Tangerang dapat tetap menjaga kesehatan tubuh di tengah cuaca kemarau.

Diharapkan, agar dapat terus menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar kesehatan tetap terjaga dan dapat beraktivitas dengan maksimal.

"Bagi masyarakat Kota Tangerang, terus terapkan PHBS, konsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga yang cukup dan pastikan untuk tubuh selalu terhidrasi dengan cukup juga," kata dia.

Baca Juga: Dinkes Kota Tangerang Berikan Vitamin A Gratis

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya