Dinkes Kota Tangerang Mulai Gelar Vaksinasi Door to Door Bagi Lansia

Lansia lebih mudah mengakses vaksin COVID-19

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Tangerang mulai melakukan vaksinasi booster COVID-19 bagi warga lanjut usia (lansia) dengan mendatangi langsung rumah ke rumah warga atau door to door.

Kepala Puskesmas Poris Plawad, dr Wien Agung di Tangerang, Selasa mengatakan kegiatan door to door ini untuk mempermudah lansia dalam memperoleh vaksin apalagi usianya sudah di atas 60 tahun.

"Kali ini kita sasar sekitar 20-an lansia dalam satu RW. Wilayah ini cukup banyak lansianya maka kita gelar secara door to door. Wilayah lain yang mau dilakukan secara door to door juga boleh ajukan ke puskesmas," kata dr Wien dikutip dari Antara, Selasa (18/1/2022).

Puskesmas, kata dia, nanti akan mengatur jadwal sehingga semua warga bisa menerima vaksinasi COVID-19.

Baca Juga: Ini Lokasi Vaksin Booster di Kota Tangerang 

1. Door to door beriringan dengan sentra vaksinasi anak dan umum

Dinkes Kota Tangerang Mulai Gelar Vaksinasi Door to Door Bagi LansiaVaksinasi bagi Nakes yang berumur di atas 60 tahun atau Lansia (Dok. Kemenkes)

Wien mengatakan target vaksinasi booster di Puskesmas Poris Plawad sendiri sekitar 1.807 lansia. Vaksinasi door to door masih akan digelar di sejumlah wilayah diiringi gerai puskesmas untuk kategori umum dan sekolah untuk anak 6-12 tahun.

"Yang sudah dosis satu dan dua ditunggu saja giliran booster-nya. Terpenting sudah enam bulan dari dosis dua," imbuhnya. 

Bagi warga yang belum menerima vaksin 1 dan 2, dia mengimbau mereka untuk mendatangi setra vaksinasi untuk mendapat layanan kesehatan. Vaksinasi, kata dia, bisa meminimalkan tingkat keterburukan saat terpapar berbagai varian COVID-19.

2. Warga ngaku senang

Dinkes Kota Tangerang Mulai Gelar Vaksinasi Door to Door Bagi LansiaSejumlah warga lanjut usia (lansia) mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai, Dumai, Riau, Senin (29/3/2021). Sebanyak 159 orang lansia dari target 30.000 lansia di Dumai sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Aswaddy HamId)

Sementara itu, Shafwan mustafa (65) mengaku bersyukur mendapat layanan door to door. Tidak perlu antre, panas-panasan di sejumlah gerai vaksinasi.

"Senang sekali, lagi nonton TV didatangi dokter-dokter untuk vaksin booster. Cepat, ramah dan sangat terbantu," kata Shafwan.

Dia mengaku tidak merasakan apa-apa usai menerima vaksinasi COVID-19. Dia berharap semua lansia di sekitar lingkungannya tetap sehat di tengah pandemik COVID-19 yang tak kunjung selesai. 

3. Sebanyak 4 ribu lebih lansia sudah terima dosis booster

Dinkes Kota Tangerang Mulai Gelar Vaksinasi Door to Door Bagi LansiaDetail botol berisi vaksin COVID-19 Moderna. (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Sebagai informasi, data per (16/1/2022) capaian vaksinasi booster kategori lansia di Kota Tangerang sudah diangka 4.329 lansia, yang dimulai sejak Rabu (12/1).

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah sebelumnya menuturkan, target lansia yang berusia di atas 60 tahun untuk mengikuti vaksinasi booster ada 40.000 orang.

Saat ini Pemerintah Kota Tangerang baru memiliki stok vaksin yang tersedia sebanyak 506 vial, atau hanya bisa digunakan untuk 6.000 orang untuk vaksinasi booster.

Dia mengatakan, masyarakat yang bisa mengikuti vaksinasi booster adalah mereka yang sudah menerima vaksin dosis kedua enam bulan yang lalu, atau lebih. 

Baca Juga: PMI Kota Tangerang Buka Vaksinasi Booster, Catat Nih!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya