DPRD Soroti Jalan di Kota Tangerang Cepat Rusak Usai Perbaikan 

Ini daftar jalan yang sedang perbaikan

Kota Tangerang, IDN Times - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Tasril Jamal menyoroti sejumlah ruas jalan yang rusak, setelah perbaikan atau pembangunan. Dia mengaku kesal lantaran ruas jalan itu dia nilai cepat rusak. 

Menurutnya, pembangunan jalan yang berulang kali rusak lantaran tidak matangnya perencanaan dan tidak seriusnya dalam proses pembangunan.

"Artinya ada satu konsep perencanaan atau pengerjaan yang kurang matang atau kurang serius. Tidak memenuhi spesifikasi standar seharusnya mempunyai spesifikasi standar yang dipenuhi. Kalau terjadi kerusakan lagi, kerusakan lagi, ini ada apa?" katanya, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga: Polres Tangsel Musnahkan 4.000 Botol Miras dan Ratusan Knalpot Bising 

1. Pelaksanaan kontrak tender pembangunan tidak sesuai

DPRD Soroti Jalan di Kota Tangerang Cepat Rusak Usai Perbaikan Ilustrasi Uang Rp75000 (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Anggota Komisi IV ini mengungkapkan, ada dua hal yang mengakibatkan jalan yang sudah diperbaiki tetapi rusak kembali. Pertama, tidak ada keseriusan dalam pengerjaan yang dilakukan oleh kontraktor atau pemborong.

Kedua, pada saat tender pemborong menyetujui spesifikasi standar yang telah ditetapkan oleh dinas terkait.

"Tapi pelaksanaan pemborong melakukan kecurangan," ungkap politisi PKB itu.

2. Pengawasan pembangunan kurang maksimal

DPRD Soroti Jalan di Kota Tangerang Cepat Rusak Usai Perbaikan ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Tasril menyebut, pengawasan yang dilakukan dinas terkait pun kurang optimal. Untuk itu pihaknya mendesak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serius untuk memantau proyek pembangunan jalan-jalan yang ada, agar tak menjadi beban biaya bagi masyarakat.

"Semua sudah berselimut dengan kondisi COVID-19, itu menjadi selimut. Saya maklumi dan antara tidak memaklumi. Semua menggunakan selimut COVID-19. Padahal ini sudah ada anggaran. Sudahlah saya imbau kita hilangkan selimut COVID dan fokus pada kerjaan," tegasnya.

3. Ini ruas jalan yang sedang diperbaiki

DPRD Soroti Jalan di Kota Tangerang Cepat Rusak Usai Perbaikan Penindakan truk di Tangerang ( ANTARA FOTO/Fauzan)

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sejumlah jalan yang mengalami kerusakan dan dalam perbaikan antara lain Jl. Marsekal Suryadarma, Jl. Juanda, Jl. Iskandar Muda, Jl. Pembangunan, Jl. Bouraq, dan Jl. Lingkar Palem Semi - Imam Bonjol.

Baca Juga: 5 Fakta Kunjungan Bobby Nasution ke Tangsel

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya