Drainase Jadi Biang Kerok Banjir Kota Tangerang

Hujan deras memicu meluapnya air di beberapa sungai

Kota Tangerang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Banten menyatakan, penyebab genangan dan banjir di 16 di wilayah itu disebabkan karena saluran drainase yang tersumbat dan tingginya debit curah hujan.

Kepala BPBD Kota Tangerang Deni Koswara mengatakan, tingginya curah hujan yang bersamaan di wilayah Kabupaten Tangerang, DKI Jakarta dan Kota Tangerang menyebabkan debit air di sungai dan kali meningkat seperti Kali Angke, Cantiga, dan Sabi.

"Situasi akhir, genangan di beberapa titik berangsur surut, Kali Sabi masih meluap dan masuk ke pemukiman warga Taman Cibodas Kecamatan Periuk sehingga masih dilakukan penyedotan rumah pompa dan pompa portabel. Sedangkan Kali Angke mulai surut ke Siaga 2," kata Deni dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (18/3/2022).

1. Ini lokasi 16 titik banjir

Drainase Jadi Biang Kerok Banjir Kota TangerangDok. Pemkot Tangerang

BPBD Kota Tangerang sebelumnya mencatat dampak dari hujan yang terjadi pada hari Kamis (17/3/2022) menyebabkan 16 titik alami genangan dan banjir. Beberapa ruas jalan yang biasa dilalui pengendara pun terhambat.

Wilayah yang tergenang diantaranya Cipadu Jaya, Larangan, Sektor 7 Ciledug, Kampung Gaga Larangan, SDN 1 Cipadu Larangan, Jl. Melati 1 Ciledug, Tanah Seratus Ciledug, Kavling Setiabudi Larangan, Paninggilan Ciledug, Gempol Raya, Pinang, Fly Over Taman Cibodas dan lainnya.

"Kemarin penanganan dilakukan hingga dini hari oleh ratusan petugas yang tersebar di 16 titik tersebut. Alhamdulillah, pagi ini semua sudah terpantau kembali normal, tinggal sedikit-sedikit genangan. Termasuk Fly Over Cibodas yang sudah bisa kembali dilalui," kata Deni.

2. Ketinggian capai 80 cm

Drainase Jadi Biang Kerok Banjir Kota TangerangDok. Pemkot Tangerang

Ia pun merekap genangan dengan ketinggian mulai dari 20 cm hingga 40 cm. Dan terjadi banjir dengan ketinggian 80 cm di Komplek Duren Villa Ciledug dan Fly Over Taman Cibodas dengan 100 cm.

Penanganan genangan dan banjir di Kota Tangerang dilakukan oleh tim gabungan dari BPBD Kota Tangerang, PUPR, DLH, Disbudparman, aparat kewilayahan hingga masyarakat.

3. Hujan picu banjir di 16 titik Kota Tangerang

Drainase Jadi Biang Kerok Banjir Kota TangerangHumas Pemkot Tangerang

Sebelumnya, diguyur hujan siang dan malam 16 wilayah di Kota Tangerang tergenang dan banjir pada Kamis (17/3/2022).

Kini, Jumat (18/3/2022) terpantau seluruh lalu lintas sudah kembali normal untuk dilalui pejalan kaki atau pengendara.

Baca Juga: Hujan Picu Banjir di 16 Titik Kota Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya