Hewan Kurban di Kota Tangerang Dipastikan Sehat dan Layak Sembelih

DKP sudah survei ratusan lapak penjual

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang memastikan seluruh hewan kurban pada 200 lapak penjualan yang ada di Kota Tangerang dijamin sehat dan layak disembelih.

"Kita sudah melakukan survei (pengecekan kesehatan) hampir ke seluruh lapak. Dari sempel itu kita tidak menemukan sapi atau kambing yang sakit," kata Kepala DKP Kota Tangerang, Abduh Surahman, Jumat (16/7/2021).

Baca Juga: 800 Lebih Warga Kabupaten Tangerang Jalani Isoman di Rumah

1. Pedagang diimbau tak jual hewan sakit

Hewan Kurban di Kota Tangerang Dipastikan Sehat dan Layak Sembelihilustrasi petugas menggunakan masker saat kurban Idul Adha. ANTARA FOTO/Siswowidodo

Kendati demikian, Abduh mengatakan, pihaknya tetap mengimbau kepada pemilik lapak hewan kurban untuk tidak menjual sapi dan kambing yang sakit. 

"Tapi kalau sekarang lapak hewan kurban sudah menurun. Tahun ini 200, tahun 2020 itu 224 dan tahun 2019 itu 261," katanya.

Baca Juga: 54 Dokter Hewan Dikerahkan Pantau Hewan Kurban di Tangsel

2. Pemotongan hewan kurban dilakukan di RPH

Hewan Kurban di Kota Tangerang Dipastikan Sehat dan Layak SembelihIlustrasi. Penjual kambing kurban. ANTARA FOTO/Rahmad

Abduh mengatakan, terkait pemotongan hewan kurban pada hari raya Idul Adha mendatang DKP sudah memberikan imbauan kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk memerhatikan protokol kesehatan.

"Kita sudah beri imbauan itu melalui zoom. Apabila rumah potong hewan (RPH) penuh, maka di masjid dan itu harus menerapkan protokol kesehatannya yang betul," ujarnya.

3. Baru 4 orang yang daftar pemotongan kurban di RPH

Hewan Kurban di Kota Tangerang Dipastikan Sehat dan Layak SembelihIlustrasi Hewan Kurban (IDN Times/Besse Fadhilah)

Abduh menambahkan, terkait Surat Edaran soal pemotongan hewan kurban, sejauh ini baru empat orang yang sudah mendaftarkan ke RPH dengan jumlah sapi yang didaftarkan sudah lebih dari 50 ekor.

Baca Juga: Darurat Oksigen di Sejumlah Zona Merah COVID-19

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya