KPU Lebak Mulai Rapat Pleno Tingkat Kabupaten

Rencananya, rekapitulasi ini selesai pada 4 Maret mendatang

Lebak, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak memulai rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024. Rencananya, pleno itu dilaksanakan 29 Februari hingga 4 Maret 2024. 

Tahapan di tingkat kabupaten ini akan digelar di Ballroom Hotel Mutiara, Kalanganyar, Lebak.

“Rapat pleno rekapitulasi dihadiri Forkopimda, teman-teman dari saksi partai politik, Bawaslu, dan seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK),” kata Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Lebak, Deni Wahyudin pada Rabu (28/2/2024).

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kafe Murah di Lebak yang Sayang Banget Kamu Lewatkan

1. Kecamatan Rangkasbitung belum selesai penghitungannya

KPU Lebak Mulai Rapat Pleno Tingkat KabupatenIlustrasi surat suara Pemilu. Senin (29/1/2024). (IDN Times/Cokie Sutrisno).

Deni mengatakan, proses penghitungan akan dilaksanakan oleh PPK yang sudah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara. Karena dari 28 kecamatan, masih ada kecamatan yang belum selesai.

“Rangkasbitung belum selesai karena jumlah TPS nya memang cukup banyak. Penghitungan kemungkinan akan mendahulukan kecamatan yang paling jauh dulu seperti Cilograng, Bayah, Cibeber dan Panggarangan,” kata Deni.

Baca Juga: Usai Pemilu, Ratusan Petugas TPS di Lebak Alami Gangguan Kesehatan

2. Koordinasi dengan pihak terkait dilakukan KPU

KPU Lebak Mulai Rapat Pleno Tingkat KabupatenIlustrasi petugas KPPS. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Menjelang pleno di tingkat kabupaten ini, kata Deni, rapat koordinasi (rakor) dengan PPK dan Bawaslu dilakukan KPU Lebak. Rakor tersebut untuk menyinkronkan data yang kemungkinan masih berbeda.

“Sebatas sinkronisasi data saja, karena khawatir ada persoalan-persoalan maka perlu diselesaikan sebelum pleno dilaksanakan,” ujarnya.

Deni berharap, pleno ini bisa berjalan lancar dan kondusif dan tidak muncul persoalan-persoalan yang krusial karena memang rekapitulasi penghitungan suara juga sudah dilakukan di tingkat kecamatan.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya