Comscore Tracker

Kunjungi Banten, Anies Baswedan Sambangi Baduy dan Iti Jayabaya

Anies mengaku senang bisa datang lagi ke Baduy

Lebak, IDN Times - Bakal calon Presiden, Anies Rasyid Baswedan mengunjungi desa adat Baduy di Lebak, Banten, Selasa (24/1/2023). Dalam unggahan di media sosial Twitter pribadinya @aniesbaswedan, menyatakan bahwa kunjungannya kali ini merupakan kunjungannya yang kedua kali. 

Kunjungan pertama Anies adalah tahun 2013. Tak hanya ke Baduy, kali ini, Anies juga menyambangi ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Banten, Iti Octavia Jayabaya beserta jajarannya.

Baca Juga: Mau Liburan Ke Baduy Naik Transportasi Umum? Nih Tipsnya

1. Anies berdialog dengan warga Baduy

Kunjungi Banten, Anies Baswedan Sambangi Baduy dan Iti JayabayaTwitter: @aniesbaswedan

Dalam unggahannya, Anies menyatakan, senang bisa kembali ke Desa Baduy Luar dan bersilaturahmi bersama masyarakat Baduy, berdialog dan mendengarkan apa-apa saja yang menjadi tantangan dan harapan masyarakat adat Baduy ke depan.

"Masyarakat Baduy menjadi contoh bagaimana kita dapat hidup berdampingan dengan alam, menjaganya, dan mengambil manfaatnya tanpa harus merusaknya," kata Anies dalam cuitannya.

2. Anies juga temui DPD Demokrat Banten

Di hari yang sama, Ketua DPD Demokrat Banten Iti Octavia Jayabaya berkesempatan bertemu dengan @aniesbaswedan dalam rangka silaturahmi serta penguatan visi perubahan dan perbaikan. Dihadiri juga oleh Sekretaris dan segenap pengurus DPD.

"Anies menyampaikan semangat kepada Ibu Iti Jayabaya bahwa Kabupaten Lebak khususnya Banten kuat dengan segala aspek kemanusiaan dan potensi SDM mumpuni," tulis akun Instagram DPD Demokrat Banten.

3. NasDem deklarasikan Anies Capres

Kunjungi Banten, Anies Baswedan Sambangi Baduy dan Iti JayabayaTwitter: @aniesbaswedan

Sebelumnya, DPP Partai NasDem resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres), yang akan diusung pada Pilpres 2024. Deklarasi itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Surya Paloh menitipkan bangsa Indonesia kepada Anies. Dia berharap, Anies mampu memimpin bangsa Indonesia dengan baik apabila terpilih sebagai presiden pada 2024.

"Inilah mengapa kami kami ingin menitipkan perjalanan bangsa ini ke ke depan, insyaAllah jika saudara Anies Baswedan terpilih, pimpinlah bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat, bangsa yang mampu membentuk karakter," ujar Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Dalam deklarasi itu, Anies Baswedan duduk bersebelahan dengan Surya Paloh. Di belakangnya, ada sejumlah pengurus DPP Partai NasDem.

Diketahui, Anies merupakan salah satu nama dari tiga yang dijadikan bakal capres 2024 dari hasil Rakernas NasDem. Tiga nama itu ada Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Meski demikian, NasDem tak bisa sendirian dalam mengusung calon presidennya. Sebab, perolehan suara NasDem tak memenuhi presidential threshold atau ambang batas capres minimal 20 persen.

Pada pemilu 2019, NasDem memperoleh suara sebanyak 12.661.792 atau 9,05 persen. NasDem harus berkoalisi dengan partai politik lain untuk kontestasi Pilpres 2024.

Baca Juga: LSI Denny JA: Pemilih yang Tak Puas ke Jokowi Akan Pilih Anies di 2024

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya