Comscore Tracker

Lebak Ingin Wisata Negeri di Atas Awan Jadi Alternatif Puncak Bogor

Daripada macet-macetan ke Puncak, coba sekali-kali ke Lebak

Lebak, IDN Times - Kemacetan parah yang terjadi beberapa waktu lalu di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dijadikan 'peluang' oleh Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten untuk menjadikan wilayahnya menjadi destinasi alternatif warga Jabodetabek.

Salah satu target yang dicanangkan adalah target wisata Negeri di Atas Awan menjadi destinasi alternatif dari Puncak Bogor. 

"Puncak kan sudah rame yah, sudah sangat padat, bahkan Sandiaga Uno lagi berencana untuk pembuatan kereta gantung dan sebagainya. Tapi masih lama itu, ke Lebak saja dulu," kata Asisten Daerah II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Lebak, Ajis Suhendi kepada IDN Times.

Tahun ini, imbuhnya, pemerintah daerah tengah menuntaskan Jembatan Muhara sebagai akses utama, menuju destinasi wisata Citorek. 

Baca Juga: Jembatan Akses ke Negeri di Atas Awan Sudah Rampung, Hore!

1. Masterplan sudah disiapkan

Lebak Ingin Wisata Negeri di Atas Awan Jadi Alternatif Puncak BogorDesa Citorek, Lebak, Banten (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Ajis mengatakan pihaknya sudah menyiapkan beberapa rencana dalam memperbaiki kualitas di kawasan wisata unggulan Negeri di Atas Awan. Adanya paket-paket wisata menjadi salah satu rencana yang akan segera terealisasi, utamanya setelah pemerintah melonggarkan aturan soal antigen dan PCR bagi mereka yang sudah vaksinasi COVID-19 lengkap.

"Kita sudah menyiapkan masterplan pengembangan Citorek. Nanti di sana ada paket wisata. Negeri di atas awan tentu menjadi magnet, tapi itu bukan satu-satunya. Nanti ada paket wisata ke Curug (air terjun) yang juga cukup bagus dan di dekat Curug itu juga ada lokasi wisata sejarah tambang dan juga di sana ada masyarakat Kasepuhan Citorek," kata Ajis.

Baca Juga: Kasepuhan Cisungsang, Masyarakat Pedalaman di Kaki Gunung Halimun  

2. Banyak pilihan jenis wisata di Citorek

Lebak Ingin Wisata Negeri di Atas Awan Jadi Alternatif Puncak BogorNegeri di Atas Awan, Lebak (instagram.com/ddddrrrrmmmm)

Wisata edukasi perkembunan dan peternakan juga akan jadi salah satu destinasi wisata di kawasan desa adat itu. "Misal kita tawarkan wisatawan memberi makan ikan langsung di keramba-keramba sungai," kata Ajis.

Ajis mengatakan, wisata lain di sekitar kawasan adat Citorek, adalah Gunung Kendeng yang tidak kalah bagusnya dengan Gunung Luhur yang dijuluki Negeri di Atas Awan.

3. Wisata kurangi jumlah pengangguran di Lebak

Lebak Ingin Wisata Negeri di Atas Awan Jadi Alternatif Puncak BogorIlustrasi pegawai pabrik. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Ajis menerangkan, perkembangan wisata di Lebak sendiri terus meningkat, terutama dalam hal jumlah destinasi.

"Di 2021 misalnya, jumlah wisata saat ini berkembang dari awal 2017 ini sekitar 170 destinasi. Alhamdulillah berkembang, karena banyak inisiasi yang bagus juga dari komunitas kemudian kepala2 desa sehingga sekarang berkembang jadi 228 destinasi wisata untuk 2021," kata dia.

Sementara untuk sektor jasa usaha wisata dari 213 menjadi 296. Hal ini pula, kata Ajis, yang memicu berkurangnya angka pengangguran dari 9,24 persen di 2020 menjadi 7,86 persen di 2021.

Baca Juga: Lagi di Lebak? Nih 7 Kafe di Lebak yang Wajib Kamu Kunjungi

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya