Longsor, Tembok Kelurahan di Tangsel Ambruk

Tembok tersebut disebut belum lama dibangun

Tangerang Selatan, IDN Times - Kepala pelaksana BPBD Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Sutang Supriyanto mengungkapkan, hujan lebat yang mengguyur wilayah Tangsel mengakibatkan bangunan tembok kelurahan Babakan, Kecamatan Setu roboh pada Sabtu (13/5/2023).

Diketahui, tembok yang belum selesai pembangunanya ini roboh lantaran tanah di lokasi bangunan tembok longsor. "Di Setu ada yang longsor," kata Sutang, Minggu (14/5/2023).

1. Panjang tembok ini hingga 25 meter

Longsor, Tembok Kelurahan di Tangsel AmbrukIlustrasi tanah longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Sutang mengatakan, tembok kantor Kelurahan Babakan ini merupakan bangunan beton setinggi 3,5 meter dan panjang kurang lebih 25 meter yang sebelum longsor nampak miring akibat tanah di lokasi terkikis air hujan.

"Dari dinas bangunan sudah langsung bergerak seperti yang temen-temen lihat," jelas Sutang.

2. Pohon tumbang terjadi di beberapa titik

Longsor, Tembok Kelurahan di Tangsel AmbrukSatu buah pohon tumbang di Jalan Kemakmuran Kota Bekasi (IDN Times/Imam Faishal)

Tak hanya longsor, hujan tersebut juga memicu pohon tumbang di Villa Mutiara Serpong RT 01/011, Pondok Jagung Timur, Kecamatan Serpong Utara.

Selain itu, pohon tumbang juga terjadi di LUK Bakti Jaya, Kecamatan Setu. "Semua titik pohon tumbang sudah dievakuasi," kata Sekretaris BPBD Kota Tangsel, Andi Setiawan.

3. Genangan sempat terjadi di Pondok Aren

Longsor, Tembok Kelurahan di Tangsel AmbrukDok. BPBD Tangsel

Sutang mengatakan, di Kampung Bulak dan perumahan Pondok Maharta, Kelurahan Pondok Kacang Timur, Pondok Aren pemukiman warga sekitar sempat tergenang air hujan hingga 30 centimeter.

"Kalau tadi laporan camat ada di sana," ujar Sutang.

Baca Juga: Pemkot Tangsel Siapkan 2 RS untuk Rawat Korban Bus di Guci Tegal

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya