Comscore Tracker

Paket Sembako Baznas Ditempeli Gambar Bupati dan Wabup Pandeglang

Irna dan Tanto calon incumbent di Pilkada Serentak 2020

Pandeglang, IDN Times - Sekitar 500 paket bantuan sembako dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk warga di Kecamatan Cibitung berganti bungkus dengan wadah yang bergambar Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, Irna Narulita-Tanto Warsono Arban.

Irna-Tanto merupakan pasangan petahana pada Pilkada Pandeglang 2020. Sembako dari Baznas yang berisi beras, gula pasir, minyak goreng dan mi instan itu semula berada di dalam kantong plastik warna putih dengan logo dan tulisan Baznas. Namun setelah tiba di Kantor Kecamatan Cibitung, sembako yang semula berada di kantong plastik langsung berganti dengan tas jinjing dari kain (goodie bag) dengan gambar Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang.

Baca Juga: DPRD Reses, Anggota Dewan Dicurhati Warga Soal Amburadulnya Bansos

1. Camat: hanya untuk permudah pendistribusian

Paket Sembako Baznas Ditempeli Gambar Bupati dan Wabup PandeglangIlustrasi Bantuan Sosial (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Camat Cibitung Subina menjelaskan, paket bantuan dari Baznas dipasangi gambar pejabat di Pandeglang tersebu hanya untuk memudahkan pendistribusian saja pasalnya di saat bersamaan Cibitung juga mendapatkan bantuan dari dinsos setempat.

"hanya untuk mempermudah pendistribusian," ujarnya, Jumat (8/5).

2. Dinsos juga berikan 1 ton beras

Paket Sembako Baznas Ditempeli Gambar Bupati dan Wabup PandeglangANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Dua sumber bantuan tersebut diperuntukkan bagi mustahiq atau orang-orang yang berhak menerima zakat. Ia menyebutkan, jumlah paket sembako yang diterima pihak kecamatan dari Baznas sebanyak 500 paket dan sebanyak satu ton beras dari dinsos. 

"Disatuin, dimasukkan dalam kantong untuk lebih praktis, (begitu) pikiran teman-teman yang di kecamatan yang ngepak," imbuhnya.

Terkait penggunaan goodie bag bergambar bupati Pandeglang, Subina mengatakan, ia tak memiliki niat apapun. Ia berharap lewat bantuan tersebut masyarakat Cibitung keluar dari ketertinggalan, apalagi bantuan tersebut melalui usulan sehingga bisa didistribusikan kepada yang berhak.

3. Ini tanggapan Baznas Pandeglang

Paket Sembako Baznas Ditempeli Gambar Bupati dan Wabup PandeglangPaket sembako Baznas ditempeli gambar Bupati dan Wabup Pandeglang (ISTIMEWA)

Sementara Ketua Baznas Pandeglang Aah Wahid Maulani mengaku tidak mempersoalkan paket bantuan Baznas dipasangi gambar bupati dan wakil bupati, pasalnya Baznas dan Pemkab Pandeglang kerap melakukan kerja sama. Paket bantuan tersebut didistribusikan oleh Baznas ke kecamatan untuk diberikan kepada para mustahiq.

"Enggak ada masalah kita Baznas selalu kerja sama dengan pemerintah daerah," kata Wahid.

Baca Juga: [LINIMASA] Wabah COVID-19 Hantui Warga Banten

Topic:

  • Muhammad Iqbal
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya