Comscore Tracker

Puncak Arus Mudik, Stasiun Rangkasbitung Dipadati Ribuan Pemudik

Mulai masuk liburan puncak arus mudik diperkirakan besok

Lebak, IDN Times - Volume pengguna kereta rel listrik (KRL) masa mudik Lebaran di Stasiun Rangkasbitung, Lebak meningkat sejak 23 April 2022. Jumlah penumpang akan meningkat pada Kamis (28/4/2022) hingga Jumat (29/4/2022). 

Banyak perusahaan mulai meliburkan karyawannya pada Kamis dan Jumat. 

Berdasarkan data PT KAI Commuter, per 23 April lalu, sebanyak 15.206 penumpang tercatat keluar dan masuk stasiun akhir KRL bagian barat ini. Sementara pada Rabu 27 April kemarin jumlah penumpang mencapai 13.542. 

Baca Juga: Arus Lalu Lintas Menuju Pelabuhan Merak Macet Parah

1. Antisipasi lonjakan KAI sediakan 1.053 perjalanan KRL

Puncak Arus Mudik, Stasiun Rangkasbitung Dipadati Ribuan PemudikIlustrasi KRL. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan, pihaknya mengoperasikan 1.053 perjalanan KRL per hari yang dimulai pukul 04.00-24.00 WIB. Hal ini untuk mengantisipasi pertambahan pengguna KRL selama masa angkutan lebaran. 

Persebaran pengguna KRL pada satu minggu terakhir, juga masih terfokus pada jam sibuk pagi hari mulai pukul 06.30 – 08.30 WIB dan jam sibuk sore hari pukul 16.30 – 18.30 WIB. KAI Commuter menghimbau kepada seluruh pengguna untuk dapat memanfaatkan dalam menggunakan KRL dari jadwal-jadwal perjalanan KRL di luar jam-jam sibuk tersebut.

Potensi kenaikan pengguna KRL di luar jam-jam sibuk tersebut juga dapat dimungkinkan seiring dengan tren kenaikan volume pengguna KRL.

"Untuk itu, KAI Commuter mengimbau kepada pengguna KRL, untuk selalu mempersiapkan dan mengatur waktu perjalanannya dengan mengakses aplikasi KAI Access untuk mendapatkan info kepadatan di stasiun, posisi KRL yang akan dinaiki secara real time, dan jadwal perjalanan KRL," kata Anne dalam keterangan tertulis, Kamis (28/4/2022).

2. Selama masa angkutan lebaran bisa melayani 1.079.200 pengguna per hari khusus di wilayah Jabodetabek

Puncak Arus Mudik, Stasiun Rangkasbitung Dipadati Ribuan PemudikIlustrasi Gerbong KRL (Instagram.com/@ariefwismansyah)

Dari sisi sarana, kata Anne, KAI Commuter juga mengoperasikan 94 rangkaian KRL yang terdiri dari 30 rangkaian dengan stamformasi (SF) 12, 45 rangkaian SF 10, dan 19 rangkaian SF 8.

Dengan kesiapan Sarana tersebut, kapasitas angkut pengguna KRL selama masa angkutan lebaran bisa melayani 1.079.200 pengguna per hari khusus di wilayah Jabodetabek.

3. Pembatasan kapasitas masih diberlakukan

Puncak Arus Mudik, Stasiun Rangkasbitung Dipadati Ribuan PemudikSuasana KRL jurusan Tanah Abang-Parung Panjang, Jumat (10/7/2020) (IDN Times/Herka Yanis).

KAI Commuter masih memberlakukan pembatasan kuota pengguna sebanyak 60 persen, syarat vaksinasi dengan menunjukkan sertifikat vaksin atau melalui aplikasi Peduli Lindungi sesuai Surat Edaran Menteri Perhubungan No. 39 Tahun 2022.

KAI Commuter, kata Anne, terus mengajak seluruh masyarakat yang akan bepergian menggunakan KRL-- khususnya di masa angkutan Lebaran ini-- dapat mengatur perjalanannya dengan menghindari waktu yang berpotensi menimbulkan kepadatan.

Segera ikuti vaksinasi booster sehingga aman saat bersilaturahmi bersama keluarga serta terhindar dari penularan COVID-19 . "Tetap disiplin protokol kesehatan agar mudik aman dan sehat," ungkapnya.

Baca Juga: Lagi di Lebak? Nih 7 Kafe di Lebak yang Wajib Kamu Kunjungi

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya