Comscore Tracker

Rayakan Nyepi, Umat Hindu di Banten Berkumpul di Serang

Acara dilangsungkan di Pura Eka Wira Anantha Kota Serang

Serang, IDN Times - Ribuan umat Hindu di Provinsi Banten melakukan upacara Tawur Agung Kesanga, dalam rangka menyambut peringatan Hari Raya Nyepi Saka 1945, di Pura Eka Wira Anantha Serang, Selasa (21/3/2023). Kegiatan ini merupakan kali pertama pasca pembatasan pandemik COVID-19 ini juga turut dihadiri umat Hindu dari Kota lainnya. 

Ketua Panitia kegiatan Hari Suci Nyepi Banten, I Made Widiadnya mengungkapkan ada 1200 umat Hindu hadir untuk melakukan Tawur Agung dari berbagai wilayah Provinsi Banten. Menurutnya, hal itu merupakan upaya mengembalikan energi positif pada manusia sehingga menjadi manusia yang baru.

"Tawur Agung merupakan pertarungan energi semesta sehingga menimbulkan keriuhan. Keriuhan itu akan menjadi sebuah ‘sipeng’ atau kesunyian. Jadi manusia yang baru itu adalah manusia yang telah bertransformasi menjadi manusia yang baik," kata Made, seperti dikutip dari kantor berita ANTARA.

Baca Juga: Kejati Banten Sidik Dugaan Pencucian Uang Kasus Korupsi Bank Banten 

1. Saat Nyepi, umat Hindu tak beraktivitas keluar rumah

Rayakan Nyepi, Umat Hindu di Banten Berkumpul di SerangIDN Times/Irma Yudistirani

Made menjelaskan, manusia dapat bertransformasi maka manusia dituntut untuk mampu memadamkan api dalam diri manusia. Tidak bepergian baik fisik dan fikiran serta menahan segala kesenangan duniawi guna menghindarkan diri dari hal-hal negatif. 

“Semoga Nyepi Tahun Baru Saka 1945 tahun ini dapat menimbulkan vibrasi baru dan kedamaian, bukan hanya bagi umat Hindu namun juga bagi bangsa Indonesia apalagi tahun ini tahun politik,” kata dia.

2. Tahun ini Nyepi bersamaan dengan awal Ramadan

Rayakan Nyepi, Umat Hindu di Banten Berkumpul di Serangilustrasi Hari Raya Nyepi (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia Banten Ida Bagus Alit Iratmaja menambahkan, bahwa tahun ini perayaan Nyepi bersamaan dengan bulan Ramadan sehingga hal ini merupakan implementasi dari moderasi beragama secara nyata.

"Hal ini sesuai dengan tema yang kita sepakati yaitu Melalui Dharma Agama Kita Sukseskan Pesta Demokrasi Indonesia. Perayaan Nyepi tahun ini bisa menjadi momentum dalam mewujudkan bangsa yang Berbhineka Tunggal Ika sesuai dengan konsep leluhur kita sejak dulu kala," ujarnya.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Khas Banten, Cocok Jadi Menu Takjil Buka Puasa 

3. Pemerintah tetapkan 22-23 Maret 2023 cuti bersama Nyepi

Rayakan Nyepi, Umat Hindu di Banten Berkumpul di Serangilustrasi Hari Raya Nyepi (IDN Times/Aditya Pratama)

Bersiap untuk libur lebih lama, karena akan ada perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945 yang jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023. Selain itu, pemerintah juga menetapkan hari Kamis tanggal 23 Maret 2023 sebagai hari libur nasional cuti bersama Hari Suci Nyepi.

Di tengah bulan yang sibuk ini, akan ada dua hari libur pada 22-23 Maret 2023. Ketetapan ini berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang telah ditandatangani Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1066 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022 dan Nomor 3 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. 

Hal ini juga dikonfirmasi berdasarkan keterangan Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama, I Nengah Duija, yang juga memastikan bahwa pada tanggal 23 Maret 2023 ditetapkan sebagai hari cuti bersama. Cuti ini untuk memperingati Hari Suci Nyepi bagi umat Hindu.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya