Comscore Tracker

Sekolah di Lebak Bakal Mulai Belajar Tatap Muka Pertengahan Agustus 

6 SMP akan memulai KBM tatap muka

Lebak, IDN Times - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Lebak menargetkan, kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka di sekolah bisa mulai dilakukan pada pertengahan Agustus mendatang.

“Mudah-mudahan kalau perkembangan (COVID-19 membaik), di pertengahan Agustus kita bisa mulai,” kata Kepala Dindikbud Lebak, Wawan Ruswandi pada Jumat (24/7/2020).

Baca Juga: AKB, Anggota DPRD Lebak Nilai Denda Rp150 Ribu Berlebihan

1. Sekolah yang bakal lakukan KBM tatap muka berada di zona hijau

Sekolah di Lebak Bakal Mulai Belajar Tatap Muka Pertengahan Agustus Sejumlah siswa SDN 1 Inten Jaya, Lebak tepaksa berjalan dataran yang lebih tinggi agar mendapatkan jaringan internet guna mengerjakan tugas sekolah (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Dari hasil inventarisasi, ada 11 sekolah menengah pertama (SMP) yang berada di beberapa wilayah dengan status zona hijau COVID-19. Namun dari 11 sekolah tersebut, hanya enam sekolah yang dianggap siap melakukan KBM tatap muka.

“Karena dalam SKB empat menteri persyaratannya tidak mudah, yaitu harus memiliki daftar periksa protokol kesehatan siswa dan guru, seperti memakai masker minimal dua lapis dan harus diganti 4 jam sekali, jaga jarak minimal 1,5 meter serta sarana-prasarana bersih dan lain sebagainya,” papar Wawan.

2. KBM tatap muka dimulai dari SMP

Sekolah di Lebak Bakal Mulai Belajar Tatap Muka Pertengahan Agustus Sejumlah siswa SDN 1 Inten Jaya, Lebak tepaksa berjalan dataran yang lebih tinggi agar mendapatkan jaringan internet guna mengerjakan tugas sekolah (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Untuk tahap pertama, KBM tatap muka baru akan dilakukan di tingkat SMP. Satu bulan kemudian barulah tingkat sekolah dasar (SD) dan tingkat PAUD pada 1 bulan berikutnya.

“Saya berharap sebelum dilaksanakannya kebijakan ini, DPRD dan Gugus Tugas ikut terlibat dalam kajian rencana tersebut,” katanya.

3. Dear Pemerintah, perkuat sarana internet di Lebak!

Sekolah di Lebak Bakal Mulai Belajar Tatap Muka Pertengahan Agustus Ilustrasi belajar online di My School Palembang (IDN Times/Dokumen)

Sebelumnya diberitakan, tata cara pembelajaran jarak jauh secara daring menjadi kebijakan pemerintah dari awal masa pandemik COVID-19 di Maret 2020 lalu. Namun, tidak semua sekolah terutama yang letaknya di daerah pelosok bisa menerapkan metode tersebut dikarenakan faktor keterbatasan sinyal internet. Hal itu banyak terjadi di Kabupaten Lebak.

Oleh karenanya, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya relah berkirim surat ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) agar proses pembelajaran secara tatap muka bisa tetap dilakukan oleh sekolah yang berada di wilayah dengan status zona hijau COVID-19.

“Dari 28 kecamatan di kita kan tidak semua zona orange, ada daerah-daerah seperti pegunungan itu masih zona hijau. Nah apakah di daerah itu diperbolehkan untuk melakukan sekolah tatap muka? Kami sudah kirim suratnya ke Kemendikbud,” kata Iti, Kamis (23/7/2020).

Baca Juga: Pemkab Lebak Minta Mendikbud Hentikan Belajar Online, Kenapa? 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya