Comscore Tracker

Warga Lebak Ngeluh: Truk Pengangkut Tanah Bikin Jalan Rusak dan Licin

Setahun lalu Bupati Iti marah-marah di sini. Hasilnya? 

Lebak, IDN Times - Warga Kecamatan Curugbitung, Kabupaten Lebak mengeluhkan aktivitas lalu-lalang truk pengangkut tanah dari aktivitas pengerukan tanah di wilayah Desa Cilayang, Curugbitung.

Warga menyebut, aktivitas truk tanah tersebut membuat jalan rusak dan membuat licin-- di musim hujan seperti saat ini-- akibat tumpahan tanah dari bak terbuka.

Sebagaimana diketahui, pada Febuari 2020, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya sempat memarahi para sopir truk dan pengelola galian tanah di wilayah itu.  Sebab, kata Iti, kegiatan mereka merusak jalan yang sudah dibangun oleh pemerintah.

Baca Juga: Viral, Video Bupati Lebak Marah-marah ke Sopir Truk

1. Karena licin, warga banyak tergelincir saat melewati jalan itu

Warga Lebak Ngeluh: Truk Pengangkut Tanah Bikin Jalan Rusak dan LicinDok. IDN Times/A

Kepada IDN Times, A warga Curugbitung mengatakan, kemarahan Iti pada 2020 lalu tampaknya tak berarti apa-apa. Sebab, aktivitas galian tanah dan hilir mudik truk pengangkut masih terus berlangsung hingga kini.

A mengatakan, saat musim penghujan seperti ini, tumpahan tanah dari bak terbuka truk-truk pengangkut membuat jalan menjadi sulit dilalui.

A menyebut, akibat kondisi jalan licin, banyak terjadi kecelakaan di ruas jalan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Maja dan Curugbitung serta Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. "Parah banget licin, (warga) sering tergelincir," kata A, Rabu (3/11/2021).

2. Warga yang lakukan protes kerap diintimidasi

Warga Lebak Ngeluh: Truk Pengangkut Tanah Bikin Jalan Rusak dan LicinDok. IDN Times/A

A mengatakan, warga Curugbitung sudah seringkali melakukan aksi demo penolakan. "Sudah berapa kali itu demo gak ditanggepin," kata A.

A mengaku, banyak warga juga takut untuk bersuara dalam persoalan ini, sebab kerap kali yang berani bersuara mendapat intimidasi. "Takut disatronin jawara," kata dia.

3. Bupati Lebak marah, truk tanah rusak jalan

Warga Lebak Ngeluh: Truk Pengangkut Tanah Bikin Jalan Rusak dan Licin(Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya) Instagram.cpm/@viajayabaya

Pada medio Febuari 2020 lalu, video Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya viral. Dalam video itu, Iti tampak marah-marah ke sopir truk pengangkut tanah yang berada di Kampung Pasirbuah, Desa Lebakasih, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Lebak.

Berdasarkan video yang dilihat IDN Times, kemarahan Iti dipicu oleh aktivitas hilir mudik truk pengangkut tanah yang beberapa truk yang lalu-lalang dan menyebabkan ruas jalan di wilayah tersebut rusak dan licin.

Informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi usai Iti mengikuti apel bersama, pemulihan lahan dan sosial ekonomi masyarakat di Lebakgedong yang merupakan wilayah yang awal Januari di hantam banjir bandang dan tanah longsor.

Rombongan pascakegiatan tersebut langsung bergegas ke Kecamatan Curugbitung, untuk menghadiri acara lainnya. Namun saat melewati lokasi kejadian, Iti memberhentikan truk tanah yang sedang melintas di wilayah itu lantaran muatan tanah merusak dan mengotori ruas jalan.

Aksi Bupati tersebut terekam video dan beredar luas di media sosial. Dalam video tersebut, Bupati yang disaksikan para bawahannya nekat naik ke pintu truk fuso tersebut dan langsung memarahi sang sopir.

Ngapain lu mobil kagak bawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)?” kata Iti dengan nada keras ke arah sopir truk.

Selain merusak jalan, lalu lalang truk juga diduga menjadi penyebab rusaknya Jembatan Cibereum yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak dengan anggaran yang mencapai Rp50 miliar yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Lebak.

Baca Juga: 439 Rumah di Lebak Dapat Bantuan Perbaikan dari Pemerintah

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya