TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Positivity Rate Per Hari 10-15 Kasus di Kota Serang

Serang menjadi prioritas vaksinasi COVID-19 di Banten

Ilustrasi positif COVID-19/Istimewa

Serang, IDN Times - Kota Serang dan Tangerang Selatan menjadi prioritas utama program vaksinasi COVID-19 tahap pertama. Alasannya, tingkat kematian di daerah yang berada perbatasan DKI Jakarta itu tinggi.

Sementara Kota Serang dipilih karena merupakan daerah pusat pemerintahan.

Baca Juga: Hanya Kota Serang dan Tangsel yang Dapat Vaksin Tahap I di Banten

1. Penambahan 10-15 kasus COVID-19 per hari

Ilustrasi seorang pasien COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica

Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang Muhammad Iqbal mengatakan, angka penambahan kasus positif COVID-19 di Ibu Kota Banten itu berkisar 10-15 kasus per hari. Sementara untuk angka kesembuhan sekitar 50 persen.

"Kalau kita bandingkan di kabupaten/kota di Banten kita masih bertahan di zona oranye. Karena ibu kota itu yang menjadi sentral pemerintahan," katanya.

2. Lama pemeriksaan hasil swab keluar sekitar 3 hari

Ilustrasi pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa

Disampaikan Iqbal, untuk pelayanan swab test polymerase chain reaction (PCR) ada di seluruh fasilitas kesehatan milik pemerintah kota--baik rumah sakit dan puskesmas. Namun yang menjadi kendala, lanjutnya, adalah lama hasil pemeriksaan swab test di wilayahnya paling cepat mencapai 3 hari.

"Sebetulnya bisa dibaca 3 jam (hasil pemeriksaan) bisa, namun karena menangani semua kabupaten-kota sehingga antrenya panjang di Labkesda. Kita hanya bisa dilayani di Labkesda, tapi pengambilannya di kita semua," katanya.

Baca Juga: Gara-Gara Duren, Wali Kota Serang Gagal Suntik Vaksin Hari Ini

Berita Terkini Lainnya