TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Banyak Pendatang Baru Setelah Lebaran, Tangsel Hanya Punya 1.500 Loker

Mau mengadu nasib di Tangsel? Jangan lupa bikin surat kuning

Ilustrasi Calon Pekerja migran Indonesia di Klungkung (IDN Times/Wayan Antara)

Tangerang Selatan, IDN Times - Diperkirakan, ribuan pendatang baru bakal memasuki daerah Kota Tangerang Selatan pasca-libur Lebaran yang akan mencapai puncaknya akhir pekan ini. Kebanyakan dari mereka adalah pencari kerja dari daerah.

Baca Juga: Ini Enam Action Plan Disnakertrans Jabar Atasi Pengangguran

1. 1.500 loker tersedia setiap tahun di Tangsel

IDN Times/Muhamad Iqbal

Sekertaris Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Yantie Sari, menjelaskan bahwa dari data Disnaker Tangsel, setiap tahunnya Kota Tangsel hanya ada kurang lebih 1.500 lowongan pekerjaan.

"Kalau dari data kami, setiap tahun ada 1.500 lowongan pekerjaan di Tangsel, itu bisa dilihat dari job fair yang kami selenggarakan setiap tahunnya yang menyediakan lowongan pekerjaan sejumlah 1.500," kata Yanti ketika diwawancarai di kantornya, Vila Melati Mas, Pondok Jagung, Serpong Utara, Selasa (11/6).

2. Pendatang baru harus tahu, tidak ada jumlah pasti pengangguran di Tangsel

IDN Times/Galih Persiana

Dijelaskan Yantie, untuk jumlah pengangguran di Tangsel sendiri belum terdata, sehingga pihaknya belum bisa memastikan berapa besar kemungkinan para pendatang bisa mendapatkan pekerjaan. bgKarena memang menurutnya, pendataan di Disnaker hanya bertumpu pada para pencari kerja yang mengajukan pembuatan dokumen AK1 atau sering disebut surat kuning.

"Kami bisa melacak jumlah pengangguran melalui pembuatan surat kuning, karena mereka yang membuat surat kuning sudah pasti sedang tidak bekerja," kata Yantie.

Baca Juga: DPRD Kecewa, Disnaker Tidak Dapat Memberangkatkan TKI Bali

Berita Terkini Lainnya