Dihantam Banjir Sejak 1 Januari, Jembatan Gantung Ini Belum Diperbaiki

Akses penghubung dua daerah itu sudah tidak bisa dipakai

Tangerang, IDN Times - Warga Kampung Solear, Desa Solear, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten, mengeluhkan jembatan gantung yang rusak berat akibat diterjang banjir beberapa waktu lalu.

Jembatan tersebut menghubungkan Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang, menjadi fasilitas penting bagi masyarakat di perbatasan tersebut. Namun sejak banjir menerjang pada 1 Januari lalu, jembatan tersebut tak bisa lagi dipakai.

Kondisi ini membuat membuat warga Tangerang yang ingin ke Serang atau sebaliknya terpaksa harus memutar, menempuh perjalanan 10 kilometer lebih jauh.

1. Jembatan gantung itu baru rampung dibangun tahun lalu

Dihantam Banjir Sejak 1 Januari, Jembatan Gantung Ini Belum DiperbaikiIDN Times/Candra Irawan

Ketua RT02/ 04 Kampung Solear Desa Solear, Kecamatan Solear, Muslim, menjelaskan jembatan yang baru rampung dibangun tahun 2018 juga diterjang berbagai sampah seperti pohon, kayu dan sampah rumah tangga pada banjir luapan Sungai Cidurian yang terjadi Rabu (1/1) lalu.

"Banjir tinggi banget, karena sampai permukiman penduduk aja itu satu meter ketinggian airnya. Apalagi badan jembatan ini juga sudah tidak terlihat, semuanya ketutup air pada banjir hari pertama kemarin," jelasnya, Selasa (14/1).

2. Jembatan tidak bisa lagi dipakai warga karena rusak berat

Dihantam Banjir Sejak 1 Januari, Jembatan Gantung Ini Belum DiperbaikiIDN Times/Candra Irawan

Muslim mengatakan, saat ini jembatan gantung itu sepenuhnya ditutup dan sudah tidak dapat lagi dipergunakan untuk aktivitas warga baik dari Kabupaten Tangerang dan juga Kabupaten Serang. Tidak hanya jembatan yang terlihat miring, beberapa tali penyangga jembatan juga terputus.

"Pijakan jembatan yang terbuat dari baja itu juga ada beberapa yang copot dan terangkat, jaring di samping badan jembatan juga sudah rusak, ini kalau angin kencang jembatannya juga goyang," ujarnya.

3. Warga berharap jembatan segera diperbaiki

Dihantam Banjir Sejak 1 Januari, Jembatan Gantung Ini Belum DiperbaikiIDN Times/Candra Irawan

Muslim berharap pemerintah terkait segera memperbaiki jembatan tersebut agar warga dapat segera beraktivitas kembali secara normal.

"Ya mau tidak mau memutar, lewat jalan raya sana dan itu membutuhkan waktu yang lama. Orang-orang pemerintah juga cuma baru kontrol saja, lihat kondisi jembatan," katanya.

4. Kewenangan jembatan gantung itu ada di pemerintah pusat

Dihantam Banjir Sejak 1 Januari, Jembatan Gantung Ini Belum DiperbaikiIDN Times/Candra Irawan

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang, Slamet Budi Mulyanto, mengungkapkan kewenangan jembatan gantung di Kampung Solear ada di pemerintah pusat.

Oleh karena itu pihaknya juga tidak dapat berbuat banyak dan hanya melaporkan kerusakan pada jembatan tersebut.

"Berdasarkan informasi dari Kemenpu PR, jembatan gantung Solear secepatnya akan diperbaiki," ucap Slamet.

Baca Juga: Tunggu Wali Kota Tangerang, BNPB Siap Bantuan Perbaikan Rumah

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya