Comscore Tracker

Hingga Akhir Pekan, Jalan Depan Gedung DPR Masih Ditutup

Penutupan jalan dan pengaturan lalu lintas kewenangan Polda

Jakarta, IDN Times - Petugas kepolisian masih menutup Jalan Gatot Subroto yang menuju pintu masuk utama gedung MPR/ DPR RI, Jakarta, Sabtu (28/9). Sementara di Jalan Gerbang Pemuda dilakukan pengaturan arus lalu lintas dari arah Cawang yang tidak dapat langsung berbelok kanan, dan harus melewati Jalan Asia Afrika untuk putar balik sebelum memasuki Jalan Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Pusat.

Jalan Lapangan Tembak Senayan sendiri masih diberlakukan sistem satu arah hanya untuk pengendara dari Jalan Asia Afrika menuju Palmerah dan sekitarnya, dan jalan itu sebenarnya masih dapat dilintasi pengendara dari arah Palmerah meskipun hanya roda dua saja, karena terdapat pembatas jalan atau road barrier yang membentang.

Baca Juga: Unjuk Rasa di DPR, Massa HMI Tuntut KPK Agar Tak Dilemahkan

1. Kepadatan arus di jalan belakang gedung MPR/DPR tak terhindarkan

Hingga Akhir Pekan, Jalan Depan Gedung DPR Masih DitutupIDN Times/Candra Irawan

Pantauan IDN Times di Jalan Lapangan Tembak Senayan atau belakang gedung MPR/DPR, terjadi kedapatan arus lalu lintas dari pengendara yang hendak keluar dari jalan tersebut. Petugas kepolisian juga tampak sibuk mengatur lalu lintas agar pengendara terhindar dari kemacetan yang berkepanjangan.

Kemudian di Jalan Gatot Subroto, sesekali ada pengendara yang berupaya menerobos road barrier yang ditaruh petugas sebagai tanda tidak bisa dilewati. Hasilnya, pengendara tersebut dicegah petugas dan mau tidak mau harus memutar balik kendaraannya.

2. Pengendara masih ada yang belum tahu Jalan Gatot Subroto masih ditutup

Hingga Akhir Pekan, Jalan Depan Gedung DPR Masih DitutupIDN Times/Candra Irawan

Salah satu pengendara roda dua, Muhammad Boris mengungkapkan, dirinya tidak mengetahui jalan di depan gedung MPR/DPR masih ditutup petugas.

"Gak tahu, saya juga gak lihat ada petugas yang berjaga dan hanya pembatas jalan oranye itu saja. Saya pikir sudah dibuka tetapi masih ditutup," jelasnya kepada IDN Times.

3. Penutupan dan pengaturan arus lalu lintas kewenangan Polda Metro Jaya

Hingga Akhir Pekan, Jalan Depan Gedung DPR Masih DitutupIDN Times/Candra Irawan

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Jakarta Pusat AKP Purwadi mengatakan, penutupan Jalan Gatot Subroto dan pengaturan arus lalu lintas di sekitar jalan gedung MPR/DPR RI merupakan kewenangan Polda Metro Jaya. Karena itu, dia tidak dapat memberikan keterangan lebih lanjut.

"Penutupan wewenangnya Polda Metro, tapi tetap ada pengalihan arus dari anggota lantas Polda Metro. Kita punya ini saja, hanya tempatnya saja," ucap Purwadi.

Baca Juga: Jalanan Ditutup, Lalu Lintas Lumpuh Sekitar DPR Senayan 

Topic:

  • Sunariyah

Just For You