Lalin Perimeter Selatan Ditutup karena Kebakaran Hebat Dekat Bandara 

Bandara Soekarno-Hatta akan koordinasi dan surati Pemda

Tangerang, IDN Times - Bandara Internasional Soekarno-Hatta melakukan penutupan arus lalu lintas Parimeter Selatan, akibat kebakaran hebat yang terjadi di dekat bandara. Calon pengguna jasa yang hendak ke bandara diimbau menggunakan akses lain seperti Parimeter Utara dan Transit Oriented Development (TOD).

Kendati demikian, Senior Manager Of Branch Communication and Legal, Bandara Internasional Soetta, Febri Toga Simatupang, memastikan jika kebakaran hebat yang terjadi di dekat Bandara itu tidak mengganggu aktivitas penerbangan dari dan menuju bandara.

1. Aktivitas bandara normal, lalin Parimeter Selatan ditutup

Lalin Perimeter Selatan Ditutup karena Kebakaran Hebat Dekat Bandara IDN Times/Candra Irawan

Febri menjelaskan, sampai saat ini aktivitas Bandara Internasional Soekarno-Hatta masih normal tanpa adanya gangguan dari asap tebal akibat kebakaran di Kampung Baru, Kelurahan Jurumudi, Kecamatan Benda.

Hanya saja akibat kebakaran itu salah satu akses menuju bandara yakni Parimeter Selatan harus ditutup sementara.

"Untuk sementara kita tutup dulu, mengikuti arah yang ada dahulu. Bisa lewat utara atau TOD, bagian TOD untuk yang tidak bawa mobil dan kalau bawa kendaraaan bisa lewat Parimeter Utara," jelasnya saat dihubungi IDN Times, Selasa (24/9).

Baca Juga: Kebakaran Hebat Dekat Bandara Soetta Kembali Terjadi

2. Febri: Kami akan koordinasi sebelum surati Pemda sekitar bandara

Lalin Perimeter Selatan Ditutup karena Kebakaran Hebat Dekat Bandara IDN Times/Candra Irawan

Menurut Febri, kebakaran hebat dekat bandara yang sudah terjadi dua kali hanya dalam rentang waktu berdekatan itu dapat berpotensi menimbulkan gangguan penerbangan. Untuk mengatasi hal tersebut pihaknya dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah yang berdampingan langsung dengan bandara.

"Tentu berpengaruh, mungkin kita akan melakukan koordinasi dahulu sebelum menyurati ke pemerintah terkait atau dengan pemerintah setempat. Sampai melakukan koordinasi dan antisipasi dengan adanya kebakaran sudah dua kali di sekitar Bandara Soetta ini," ujarnya.

3. Penutupan Parimeter Selatan sampai api dipadamkan

Lalin Perimeter Selatan Ditutup karena Kebakaran Hebat Dekat Bandara IDN Times/Candra Irawan

Pantauan di lokasi pukul 17.00 WIB petugas pemadam kebakaran masih melakukan pemadaman dan peristiwa itu juga menyedot perhatian warga sekitar untuk melihatnya hingga membuat petugas kesulitan dalam melakukan tugasnya.

Febri menambahkan, koordinasi yang akan dilakukannya itu sebagai bentuk antisipasi potensi-potensi dampak daripada kebakaran di dekat bandara, terlebih di musim kemarau tahun ini dengan dua kasus kebakaran yang terjadi membuat pihaknya menjadi ekstra hati-hati.

"Penutupan Parimeter Selatan sampai kita melihat kejadian di lapangan dahulu, teman-teman petugas kebakaran dari AP II maupun dari Kota Tangerang sampai menyelesaikan proses pemadaman di sana," kata Febri.

Sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian, petugas pemadam kebakaran dan dari pihak aparatur pemerintahan setempat terkait dengan peristiwa yang menyebabkan 7 lapak pengelolaan limbah dan 6 rumah permanen hangus terbakar.

Baca Juga: Dua Pekerja Lapak Limbah yang Terbakar Dilarikan ke Rumah Sakit

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya