Indonesia Kirimkan Bantuan untuk Vanuatu Senilai Rp7 Miliar

Vanuatu mengalami bencana alam gempa dan badai

Tangerang, IDN Times - Indonesia mengirimkan bantuan bencana alam berupa pangan, sandang, dan papan senilai lebih dari Rp7 miliar ke Republic of Vanuatu. Bantuan tersebut secara resmi dilepas di Terminal Kargo 501 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) beserta para delegasi yang ikut serta dalam rombongan pada Senin (8/5/2023).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto turut melepas bantuan yang akan dikirim langsung ke negara kepulauan kecil itu.

"Seperti kita ketahui, pada Maret 2023 lalu, Siklon Judy dan Kevin melanda negara Vanuatu, hingga menyebabkan dampak warga mengungsi, kerusakan jaringan infrastruktur, sumber air tercemar, kerusakan besar pada tanaman petani, hingga koneksi telepon dan internet terganggu," tutur Menko PMK Muhadjir Effendy.

Baca Juga: Hancur karena Badai, Vanuatu Desak Resolusi Iklim PBB Segera Disahkan

1. Bantuan diberikan atas permintaan Pemerintah Vanuatu

Indonesia Kirimkan Bantuan untuk Vanuatu Senilai Rp7 MiliarIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Menteri Muhadjir mengatakan, bantuan tersebut dikirimkan usai Pemerintah Vanuatu menerapkan keadaan darurat dan meminta bantuan luar negeri, termasuk Indonesia. Permintaan ini muncul lantaran dasyatnya dampak bencana siklon Judy dan Kevin tersebut.

"Pemerintah akan berikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Vanuatu oleh karena didasari semangat kemanusiaan, semangat gotong royong, dan tekankan hubungan persahabatan dengan Vanuatu," kata Muhadjir.

2. Bantuan berupa barang dan makanan yang dibutuhkan pengungsi

Indonesia Kirimkan Bantuan untuk Vanuatu Senilai Rp7 MiliarIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Bantuan kemanusiaan tersebut itu senilai Rp 7.123.600.000, yang terdiri dari tenda pengungsi, tenda keluarga, generator, velbed, hygiene kits, sweater anak, jaket anak, jaket dewasa, perkakas tukang, rendang, paket sembako, lampu solar, dan gegaji mesin. 

"Selain itu, Pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan perbaikan ruangan VIP Bandara Port Vila, Vanuatu,"jelasnya.

3. Tim Kementerian PUPR juga ikut untuk menganalisis pembangunan VIP Bandara Port Villa

Indonesia Kirimkan Bantuan untuk Vanuatu Senilai Rp7 MiliarPremium Foto3D Bendera Vanuatu(Freepik/Splinestudios)

Bersamaan dengan bantuan ini, akan berangkat pula tim delegasi Pemerintah Republik Indonesia dengan personel dari Kemenko PMK, Komisi VIII DPR RI, BNPB, Kementerian Luar Negeri, Badan Intelijen Negara, KemenPUPR, PT. PP (Persero) dan Media. 

"Di sana tim akan mengecek langsung apa saja yang dibutuhkan untuk pembangunan," ungkapnya.

Rencananya, tim delegasi dan bantuan dari Indonesia akan tiba di Republic of Vanuatu pada Selasa (9/5/2023). Bantuan dari Indonesia itu akan diterima langsung oleh Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Republik Vanuatu.

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Perdagangan Orang di Bandara Soetta

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya