Rekomendasi 8 Rumah Makan Khas Banten yang Maknyus

Dari yang bakar hingga berkuah~

Tangerang, IDN Times - Banten merupakan salah satu provinsi yang unik lantaran memiliki banyak destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan, mulai dari pegunungan hingga pantai yang indah.

Berdasarkan letak geografisnya yang cukup luas, Banten memiliki banyak makanan khas yang berbeda dari daerah lain. Nah, kalau kamu lagi bingung mau makan apa, nih beberapa rekomendasi makanan khas Banten. 

Berikut 8 makanan khas yang wajib dicoba jika berkunjung ke Banten.

1. Sate Bandeng Hj. Maryam

Rekomendasi 8 Rumah Makan Khas Banten yang Maknyusfoodnesia.net

Jika biasanya sate hanya berisi daging ayam, sapi, atau kambing, di Banten memiliki sate bandeng. Uniknya, jika Bandeng biasanya dikenal dengan durinya yang banyak sehingga banyak orang enggan memakannya, Sate Bandeng ini dijamin bebas duri, lho! Pasalnya, dalam pengolahannya duri ikan bandeng telah dikeluarkan dari dagingnya dan dicampur dengan berbagai rempah khas Banten yang tentunya patut untuk dicoba.

Nah, di kawasan Banten khusus di Serang akan banyak ditemukan warung makan yang menyediakan Sate Bandeng ini, bahkan biasanya Sate Bandeng dipajang di dalam etalase kaca yang bisa dilihat jelas.

Salah satu warung makan yang menyajikannya yakni Sate Bandeng Hj. Maryam di Jalan Kruju, Kaujon Tengah, Kota Serang, Banten. Disini, Sate Bandeng dijual mulai harga Rp. 30.000 saja!

2. Makan angeun lada di Warung Makan Cep Udin

Rekomendasi 8 Rumah Makan Khas Banten yang MaknyusInstagram.com/misshotrodqueen

Dalam bahasa Sunda, 'angeun' berarti sayur dan 'lada' berarti pedas, sehingga jika diartikan angeun lada adalah sayur pedas. Kuliner khas Banten ini berisi sayur dan daging sapi berkuah bening dengan warna sedikit kemerahan yang memiliki cita rasa pedas.

Rasa pedas tersebut berasal dari serai, lalu aroma menyengat berasal dari lengkuas, kemiri, dan kencur yang dominan.

Sayur ini biasa disajikan pada hari-hari besar seperti Idul Fitri maupun Idul Adha atau untuk menyambut tamu pada acara-acara besar.

Salah satu warung yang menyediakan menu Angeun Lada yakni Warung Makan Cep Udin yang terletak di Jalan Curug Sawer, Pandeglang, Banten.

3. Menikmati rabeg di rumah makan Rabeg Khas Serang

Rekomendasi 8 Rumah Makan Khas Banten yang MaknyusIDN Times/Dok. Instagram dindinhasanudin

Rabeg merupakan makanan khas Banten yang merupakan akulturasi dari Arab. Makanan ini bahan baku utamanya adalah daging dan jeroan kambing.

Jika memakan Rabeg, Anda akan merasakan sensasi seperti makan semur dicampur tongseng, namun lebih kaya rempah-rempah.

Salah satu warung yang menyediakan rabeg adalah warung makan di daerah Magersari, Jalan Raya Serang-Cilegon, tepat di depan Rumah Tahanan Serang. Depan rumah makan itu tertulis “Rabeg Khas Serang”. Makanan ini dapat dibeli hanya dengan harga mulai Rp. 10.000 - Rp. 15.000 saja.

Baca Juga: 9 Wisata di Pandeglang Paling Seru, Gak Jauh dari Jakarta

4. Sate bebek di Rumah Makan Cindelaras

Rekomendasi 8 Rumah Makan Khas Banten yang Maknyusinstagram.com/dapur_resep

Mungkin masih banyak yang belum tahu kuliner satu ini merupakan khas Banten satu ini, tepatnya khas wilayah Cibeber, Cilegon, Banten.

Rasa yang nikmat, gurih, juga pedas membuat sajian ini selalu diburu wisatawan yang tengah mengunjungi kota industri ini.

Sensasi empuk pada sate bebek diolah dengan irisan sedang lalu dibumbui dengan rempah seperti bawang merah, bawang putih, gula merah, cabai, ketumbar, kunyit, kemiri, lengkuas, garam, serta merica dan diungkep hingga meresap.

Kamu tertarik mencicipinya, bisa berkunjung ke Rumah Makan Cindelaras yang ada di Jalan Jenderal Ahmad Yani Cilegon. Harganya pun tidak membuat kantong jebol, yakni hanya Rp. 15.000 saja.

5. Ketan bintul di Pasar Lama, Kota Serang

Rekomendasi 8 Rumah Makan Khas Banten yang Maknyusjuragangembul.my.id

Ketan Bintul biasanya dijadikan takjil saat berbuka puasa, penjual Ketan Bintul biasanya ditemukan di wilayah Pasar Lama, Kota Serang, terutama di lapak Haji Mamad yang sudah menjual panganan khas Banten ini sejak 1980.

Ketan bintul terbuat dari beras ketan putih yang ditumbuk hingga menjadi adonan padat. Untuk mendapatkan rasa gurih dan tekstur lembut, adonan ketan kemudian dikukus dengan campuran santan. 

Harga satu porsinya dijual Rp 15.000 per bungkus. Jika ingin tambah empal, satu paket ketan bintul dan empal dijual Rp 35.000.

Baca Juga: Resep Rabeg, Makanan Khas Favorit Sultan Banten 

6. Sayur besan di Warung Mpo Iyoh

Rekomendasi 8 Rumah Makan Khas Banten yang Maknyussayur turubuk atau sayur besan (sajiansedap.grid.id)

Kuliner ini berasa dari wilayah Tangerang, Banten. Seperti namanya, Sayur Besan biasanya dibawa saat acara pernikahan atau istilahnya 'ngebesan'. Sayur besan terbuat dari beberapa campuran bahan, seperti bunga tebu/terubuk, santan, dan rempah rempah. 

Selain itu, ada juga bahan lainnya yang dicampurkan di dalam satu porsi makanan ini, misalnya saja kentang, kembang kol, dan soun. Sayur ini bisa dijadikan makanan pendamping atau dimakan langsung.

Bagi yang ingin mencicipinya, bisa mengunjungi Warung Mpo Iyoh terletak di Jalan Ir H Juanda, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Di sana Sayur Besan dijual dengan harga Rp 8.000 per porsi.

7. Gecom

Rekomendasi 8 Rumah Makan Khas Banten yang MaknyusIDN Times/Dok. Website ihategreenjello

Makanan khas Tangerang, Banten ini terdiri dari tauge dan oncom yang diberi campuran bumbu rempah pilihan yang pastinya menggoyang lidah. Apalagi, gecom ini dicampur dengan kecap khas masyarakat Tangerang, yakni kecap SH.

Proses pengolahannya pun terbilang unik. Gecom diolah menggunakan wajan datar dan serok untuk meracik mie dan toge. Proses pengolahan menggunakan wajan tadi diberi nama “proses menggoreng” meskipun sebenarnya merupakan proses merebus tanpa banyak air. Mungkin bagi kamu yang belum terbiasa mengonsumsi makanan ini akan merasa agak aneh. Kamu akan merasakan rasa sedikit asam dan kental.

Bahan saus yang digunakan kebanyakan terbuat dari kedelai. Oncomnya dibuat dari bungkil tahu yang merupakan kedelai yang telah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu. Makanan ini merupakan produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang. Setelah kapang menghasilkan spora, maka oncom dianggap matang.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Alam di Cilegon, Cocok Jadi Tempat Refreshing Kamu

8. Berburu laksa Tangerang di Kawasan Kuliner Laksa Tangerang

Rekomendasi 8 Rumah Makan Khas Banten yang Maknyusmetrobanten.co.id

Kuliner satu ini cukup terkenal di Tangerang, Banten lantaran menjadi makanan khas yang wajib dicicipi jika berkunjung, khususnya di Kota Tangerang.

Berbeda dari laksa di daerah lain, Laksa Tangerang memiliki tekstur mie yang tebal dan kaku dan disiram kuab kuningnya yang menggoda selera. Jika ingin ditambah dengan topping, biasanya disediakan telor rebus bulat dan ayam kampung.

Untuk mencicipi Laksa Tangerang, bisa datang ke Kawasan Kuliner Laksa Tangerang di Jalan Mohamad Yasmin, Babakan, Kota Tangerang. Harganya pun cukup murah yakni berkisar Rp13.000 - Rp22.000 tergantung topping.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya