Pemkot Tangsel Siapkan 2 RS untuk Rawat Korban Bus di Guci Tegal

Sejauh ini, ada dua korban tewas dalam kecelakaan bus itu

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyiapkan dua rumah sakit untuk penanganan korban kecelakaan bus di Guci, Tegal, Jawa Tengah. Dalam kecelakaan ini, dua orang meninggal dunia. 

Korban merupakan rombangan yang berasal dari Tangsel. Kedua rumah sakit disiagakan jika dibutuhkan perawatan lanjutan bagi korban kecelakaan bus. 

"Yang luka ringan dan sedang, rata-rata lukanya lecet, sobek, dan kemudian karena benturan dengan benda karena busnya terguling, ada juga yang patah tangan dan kaki," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel Allin Hendarlin, Minggu (8/5/2023).

Baca Juga: Dinkes Tangsel Kirim Ambulans untuk Korban Kecelakaan Bus di Guci 

1. Lima orang alami luka berat

Pemkot Tangsel Siapkan 2 RS untuk Rawat Korban Bus di Guci TegalIlustrasi mobil ambulans. IDN Times/Muhamad Iqbal

Dalam keterangan tertulis yang disampaikan, tercatat saat awal kejadian terdapat lima orang yang mengalami luka berat.

"Lalu yang mengalami luka berat itu karena adanya cedera di kepala akibat benturan. Dan ini membutuhkan CT-scan untuk penanganan lebih lanjut," kata Allin.

2. Dinkes Tangsel kirim puluhan ambulans ke Guci

Pemkot Tangsel Siapkan 2 RS untuk Rawat Korban Bus di Guci TegalAparat kepolisian memasang police line di lokasi jatuhnya Bus wisata dekat obyek wisata Guci Tegal. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kota Tangsel mengirimkan puluhan unit mobil ambulans untuk membantu evakuasi para korban kecelakaan bus di kawasan wisata Guci, Kabupaten Tegal yang terperosok ke sungai pada Minggu pagi (7/5/2023) jam 08.30 WIB.

"Tim medis dari Dinkes Tangsel langsung berangkat ke lokasi. Tim medis akan membantu proses penanganan korban bersama dengan pihak rumah sakit setempat," kata Kepala Dinkes Tangsel, Allin Hendarlin dalam keterangan tertulis, Minggu (7/5/2023).

3. Korban kecelakaan yang tidak luka, langsung dipulangkan ke Tangsel

Pemkot Tangsel Siapkan 2 RS untuk Rawat Korban Bus di Guci TegalIlustrasi ambulans (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Sebelumnya, Kapolres Tegal, AKBP Mochammad Sajarod Zakun mengungka[ proses pemulangan terhadap korban selamat menggunakan bus bantuan dari Pemkab Tegal. 

"Minggu (7/5/2023) malam langsung dibawa ke rumah masing-masing di Tangsel. Yang dipulangkan adalah mereka yang selamat tanpa luka. Kendaraan yang membawa mereka disiapkan bus dari Pemkab," kata Sajarod kepada IDN Times, Senin (8/5/2023). 

Baca Juga: Korban Laka Bus Wisata yang Selamat Dipulangkan Langsung ke Tangsel, MDMC Respon Cepat

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya