Permudah Pendonor, PMI Kota Tangerang Berikan Layanan Antar Jemput

Stok darah menyusut, yuk donor darah selama Ramadan

Kota Tangerang, IDN Times - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang berikan layanan antar-jemput pendonor darah. Program ini hanya diberlakukan selama bulan puasa.

Layanan antar-jemput pendonor dilakukan oleh PMI Kota Tangerang guna memenuhi sebanyak lebih dari 400 labu atau kantung persediaan darah per hari.

Baca Juga: Soal Ancaman Terorisme 22 Mei, Bawaslu Pastikan Situasi Kondusif

1. Permudah pendonor yang malas datang ke PMI Tangerang

Permudah Pendonor, PMI Kota Tangerang Berikan Layanan Antar JemputDok. PMI Kota Tangerang

Menurut Kabag Pelayanan Darah PMI Kota Tangerang Femy Luwita, layanan antar-jemput pendonor ini berguna pula untuk memudahkan masyarakat yang hendak menyumbangkan darahnya.

"Ini tuh program untuk mempermudah masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya, dengan cara seperti ini," kata Femy kepada IDN Times, Minggu (19/5).

"Jadi, masyarakat tidak perlu bingung atau malas datang ke PMI Kota Tangerang karena jauh," sambung dia.

2. Layanan diberikan bagi pendaftar dengan minimal 10 peserta dari komunitas

Permudah Pendonor, PMI Kota Tangerang Berikan Layanan Antar JemputDok. PMI Kota Tangerang

Layanan antar-jemput pendonor darah yang disiapkan oleh PMI Kota Tangerang ini memiliki syarat yang harus dipenuhi sebelumnya.

Femy menerangkan mengenai syarat tersebut, yaitu bagi para pendonor yang ingin menikmati layanan antar-jemput harus mendaftarkan sejumlah minimal 10 orang dari unsur komunitas, warga, remaja masjid, organisasi kepemudaan, atau organisasi keagamaan yang mereka ikuti.

3. PMI juga prioritaskan pendonor nonmuslim di bulan Ramadan ini

Permudah Pendonor, PMI Kota Tangerang Berikan Layanan Antar JemputDok. PMI Kota Tangerang

Femy pun menjelaskan langkah antisipasi yang mereka ambil di bulan puasa ini, yaitu menyiapkan pendonor nonmuslim untuk ikut berpartisipasi, selain masyarakat luas yang diimbau turut serta dalam melaksanakan donor darah.

“Pendonor yang nonmuslim ini kita geser agar berdonor di bulan puasa, selain itu kita juga sudah lakukan kerja sama dengan beberapa masjid dan mal untuk melakukan penjemputan pendonor usai salat tarawih,” kata Femy.

4. Di bulan puasa, stok darah PMI Tangerang menyusut

Permudah Pendonor, PMI Kota Tangerang Berikan Layanan Antar JemputDok. PMI Kota Tangerang

Femy menjelaskan, langkah ini diambil karena kekhawatiran PMI Kota Tangerang yang melihat persediaan darah memasuki bulan puasa tahun ini menyusut seribuan labu tiap pekannya.

Berdasarkan data PMI Kota Tangerang, pada hari normal biasanya stok kantong darah yang tersedia antara 200-300 kantong darah, namun di saat bulan puasa ini menurun drastis. Padahal, kebutuhannya sebanyak 18.000 kantong darah sampai dengan Hari Raya Idul Fitri.

“Biasanya, jumlah pendonor di bulan puasa akan terus menurun sampai 60-70 persen, nah di bulan puasa tahun ini kita tingkatkan stok kantong darah kita dengan layanan ini," tukas Femy.

Baca Juga: Meski Jauh dari Target, Caleg PSI Lolos di Banten Akan Tetap Idealis

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya