Tiga Warga Asmat Luka-luka Akibat Kebakaran Kios dan Rumah

Kebakaran terjadi Selasa dini hari

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Papua menyebutkan, tiga orang luka-luka akibat kebakaran yang terjadi di Jalan Ayam Kecil dan pertigaan Jalan Dolog, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Selasa (17/9) dini hari sekitar pukul 02.30 WIT.

"Dalam kejadian tersebut terdapat tiga korban luka-luka," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal di Kota Jayapura, Papua.

Baca Juga: Mengenaskan! Raja Ular Rimba Kalimantan Hangus Akibat Kebakaran Hutan

1. Polisi masih mendata jumlah kerugian materiil

Tiga Warga Asmat Luka-luka Akibat Kebakaran Kios dan RumahKadinsos Asmat

Kamal mengatakan, ketiga korban itu setelah mendapat perawatan di RSUD Agats, langsung kembali pulang ke rumah keluarganya di Jalan Dolog Agats, Kabupaten Asmat.

"Kalau untuk jumlah bangunan yang terbakar dan kerugian materiil masih dilakukan pendataan di TKP. Sementara untuk penyebab kebakaran masih diselidiki personel Sat Reskrim Polres Asmat," katanya.

2. Arus listrik diduga jadi penyebab kebakaran

Tiga Warga Asmat Luka-luka Akibat Kebakaran Kios dan RumahIDN Times/Wayan Antara

Kamal menerangkan, musibah kebakaran yang mengakibatkan rumah, kios, dan ruko terbakar itu berdasarkan keterangan dari saksi atas nama Muh Supardi bahwa ketika bangun tidur sekitar jam 02.00, dia melihat api sudah menyala.

"Saksi melihat ada api yang sudah menyala di kabel listrik di dalam rumah dekat plafon, dan kabel listrik tersebut tersambung ke limit yang terpasang di Kios 7 Distrik," kata Kamal.

3. Api dengan mudah melahap bangunan berbahan kayu dan triplek

Tiga Warga Asmat Luka-luka Akibat Kebakaran Kios dan RumahKadinsos Asmat

Kamal menjelaskan, saksi mencoba menengok keluar rumah dan ternyata api sudah membakar di pojok dinding Kios 7 Distrik, tempat limit tersebut berada.

"Selanjutnya saksi berteriak minta tolong dengan membangunkan tetangga rumah, karena api merambat begitu cepat membakar dinding bangunan yang terbuat dari papan kayu dan tripleks, sehingga saksi dan tetangga tidak dapat memadamkan api," katanya.

Sementara, personel Polres Asmat setelah menerima laporan langsung mendatangi TKP untuk bersama warga dan personel TNI membantu memadamkan api dengan alat seadanya.

Baca Juga: Bantu Tangani Kebakaran Hutan, Anies Kirim 65 Petugas Gabungan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya