Comscore Tracker

Cari Oleh-oleh Kota Tangerang? Coba ke Pameran UMKM di Bandara Soetta

Produk makanan tradisional hingga fesyen ada di sini

Tangerang, IDN Times - Pameran usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) khas Kota Tangerang kembali hadir di Gerai Nusantara, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Kali ini, produk asal Kota Tangerang yang dipajang di bandara terbesar di Indonesia tersebut.

Ratusan produk pun tersedia di pameran tersebut, mulai dari olahan makanan tradisional, camilan kekinian, fesyen, hingga pelayanan publik seperti informasi mengenai investasi di Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pemeran tersebut bisa memunculkan potensi-potensi produk UMKM asal Kota Tangerang, khususnya kepada pengunjung Bandara Soetta. "Sehingga nantinya bisa dikembangkan menjadi produk-produk ekspor," kata Arief, Senin (15/5/2023).

Baca Juga: Bandara Soetta Punya Lounge Terbesar di Dunia, Ini Lokasinya

1. Produk UMKM diseleksi sebelum dipajang di pameran

Cari Oleh-oleh Kota Tangerang? Coba ke Pameran UMKM di Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Arief mengungkapkan, produk UMKM yang dipamerkan di pameran bertema Tangerang City Gateway of Indonesia tersebut sudah diseleksi, sebelum dijual di Bandara Soetta. Hal tersebut agar banyak pengguna jasa Bandara yang tertarik dengan kualitas UMKM asal kota seribu industri sejuta jasa tersebut.

"Apalagi tadi dari pihak Angkasa Pura II akan memfasilitasi kurasi untuk bisa ke tingkat lanjutan, kekurangannya apa sehingga produknya lebih berkualitas, apalagi kan bandara-nya ada di Kota Tangerang, yang mungkin terbesar dikelola oleh AP II," jelasnya.

2. Arief ingin produk UMKM Kota Tangerang jadi oleh-oleh dari Bandara Soetta

Cari Oleh-oleh Kota Tangerang? Coba ke Pameran UMKM di Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Arief menuturkan, produk UMKM Kota Tangerang seharusnya menjadi oleh-oleh dari Bandara Soetta. Pasalnya, lokasi secara faktual Bandara tersebut berada seluruhnya di wilayah Tangerang, yakni Kota dan Kabupaten Tangerang sehingga sudah sepatutnya produk UMKM Kota Tangerang menjadi salah satu oleh-oleh untuk pengunjung Bandara Soetta.

"Apalagi target penumpangnya 70 juta per tahun. Dulu sempat akan dikembangkan 100 juta per tahun, makanya kita dukung jadi pusat hub Indonesia, sehingga masyarakat Tangerang bisa ikut berkiprah dalam pengembangan Bandara Soekarno-Hatta," tuturnya.

3. Pameran bakal berlangsung selama satu bulan

Cari Oleh-oleh Kota Tangerang? Coba ke Pameran UMKM di Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Executive General Manager (EGM) Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, pameran tersebut bakal diselenggarakan selama satu bulan penuh. Di mana, seluruh gerai tak dikenakan biaya alias gratis untuk para UMKM tersebut.

"Ini merupakan program TJSL(Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) dari PT Angkasa Pura II, dan Bandara Soetta menjadi lokasi penyelenggaraan, Kota Tangerang ini daerah keempat," kata Dwi.

Dwi pun berharap, pameran ini, bisa menambah experience pengunjung dan penumpang Bandara Soetta. Terlebih, program ini bisa bermanfaat bagi UMKM di Kota Tangerang.

"Pertama, kalau TJSL lebih kepada UMKM, jadi dari sisi daerahnya harus bermanfaat karena dia UMKM, kedua bagi Bandara ini menambah varian produk, event, seperti ini cukup menarik untuk penumpang maupun pengunjung sehingga jika dimix kita dapat semua nih, sehingga dari sisi pelayanan dan servis kepada penumpang bisa ditingkatkan," ungkapnya.

Baca Juga: Polres Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan 38.400 Benih Lobster

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya