Comscore Tracker

53 Ribu UMKM Kota Tangerang Lolos Verifikasi Penerima Bantuan Presiden

Bagaimana cara mencairkan dananya? 

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 53 ribu pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) di Kota Tangerang berhasil lolos verifikasi sebagai penerima Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM). Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM), Teddy Bayu.

"Yang sudah kita daftarkan ke pusat Kemenkop UKM sudah 67.793 UMKM. Yang lolos 53 ribuan," ujarnya, Kamis (22/10/2020).

Baca Juga: Pemkot Tangerang Buka Pendaftaran Bantuan UMKM Via Online 

1. Pendaftaran secara daring masih dibuka sampai November

53 Ribu UMKM Kota Tangerang Lolos Verifikasi Penerima Bantuan PresidenUMKM (Dok.Bank BRI)

Kendati demikian, kata Teddy, jumlah tersebut akan terus bertambah. Disperindagkop-UKM, imbuhnya, masih membuka pendaftaran secara daring sampai akhir November.

Disperindagkop-UKM sudah tidak menerima pendaftaran secara tatap muka. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menghindari penularan COVID-19.

Pendaftaran melalui daring sudah dapat dilakukan sejak Selasa, (21/10/2020) kemarin. Pelaku UMKM dapat mengakses http://sabakota.tangerangkota.go.id.

"Sudah tidak ada lagi pendaftaran ke dinas. Ada beberapa yang datang kita suruh daftar melalui aplikasi dan kita minta pulang," ujar Teddy.

2. Aplikasi masih mengalami kendala, seperti down

53 Ribu UMKM Kota Tangerang Lolos Verifikasi Penerima Bantuan Presidenkisspng.com

Namun, saat ini diakui Teddy aplikasi tersebut kerap mengalami gangguan. "Jadi kalau bersamaan masih sering down. Kita sedang perbaiki dengan penambahan kapasitas penggunaannya," imbuhnya.

Sementara proses pencairan dilakukan langsung di bank. Proses sebelum pencairannya pun cukup panjang.

Pertama, data akan disaring di Kemenkop-UKM dengan menggunakan BI Checking, baru kemudian dikirim ke bank yang ditunjuk sebagai penyalur BPUM.

"Pihak bank yang bisa jelaskan ini. Tapi yang saya tahu untuk proses pencairan bagi UKM yang belum punya buku rekening maka sekaligus saat itu. Karena uang masuk rekening tidak tunai," jelas Teddy.

3. Kominfo: aplikasi dan website sempat alami gangguan

53 Ribu UMKM Kota Tangerang Lolos Verifikasi Penerima Bantuan Presidenilustrasi. IDN Times/Ita Malau

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Tangerang, Mulyani. Website dan aplikasi pendaftaran BPUM memang sempat mengalami gangguan.

"Tadi malam karena ada perbaikan. Iya kan mendadak, harus kita persiapkan dulu oleh Kominfo," ujarnya.

Mulyani juga menerangkan bahwa web pendaftaran online ini tidak dibatasi untuk kepasitasnya. "Bebas, 24 jam per hari. Sedapatnya sampai dengan ditutup tanggal 24 November 2020, sepanjang memenuhi persyaratan," pungkas Mulyani.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya