Comscore Tracker

Arief Harap Produk IKM Kota Tangerang Bisa Bersaing di Global

Ada ribuan IKM dan UMKM di Kota Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) maupun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Tangerang diharapkan bisa melihat peluang pada market place global e-commerce untuk bisa mengembangkan usaha dan ekspansi pasar lebih luas baik nasional maupun international.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah Tangerang mengungkap, pihaknya terus berupaya memfasilitasi pelaku usaha agar produk-produknya bisa tembus ke pasar dunia.

"Bukan hal yang tidak mungkin, produk bapak ibu bagus-bagus tinggal ditingkatkan lagi agar lebih bagus," kata Wali Kota Arief padaRabu (24/1/2023).

Baca Juga: Selama 2022, Jumlah UMKM di Kabupaten Tangerang Meningkat

1. Arief: cara pandang bisnis kini berubah

Arief Harap Produk IKM Kota Tangerang Bisa Bersaing di GlobalArief R. Wismansyah (tengah) melihat kesiapan SMPN 27 Gebang Raya sebagai RIT khusus pasien COVID-19 gejala ringan (Antaranews)

Arief mengungkapkan, perkembangan teknologi membuat cara pandang bisnis berubah. Banyak orang memulai usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital untuk bertahan dalam persaingan usaha.

Saat ini, kata Arief, menjadi pengusaha harus multitalenta, harus menguasai administrasi hingga produksi. Tak hanya itu, pengusaha juga harus tahu bagaimana membuat packaging yang menarik dan sebagainya.

"Mudah-mudahan pengusaha di Kota Tangerang bisa tembus ke pasar dunia," kata Arief.

2. Kota Tangerang miliki ribuan IKM dan UMKM

Arief Harap Produk IKM Kota Tangerang Bisa Bersaing di GlobalWali kota Tangerang, Arief Wismansyah melakukan pemantauan terhadap protokol kesehatan di fasilitas publik (Instagram.com/@ariefwismansyah)

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Kota Tangerang, Suli Rosadi menerangkan bahwa saat ini Kota Tangerang memiliki data sebanyak 4.435 pelaku IKM dan 22.198 yang tervalidasi di Tahun 2022.

"Sangat potensial bagi Pemkot Tangerang untuk memberikan pembinaan kepada pelaku usaha, diharapkan kegiatan ini mampu memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Tangerang," kata Suli Rosadi.

3. Selama 2022, jumlah UMKM di Kabupaten Tangerang meningkat

Arief Harap Produk IKM Kota Tangerang Bisa Bersaing di GlobalIlustrasi produk UMKM (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Sementara itu di Kabupaten Tangerang, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang mencatat, angka pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang pada tahun 2022 meningkat drastis dari tahun sebelumnya. 

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang, Nurul Hayati mengatakan, kenaikan pelaku usaha ini dapat menjadi salah satu indikator tumbuhnya perekonomian.

“Pada tahun 2020-2021 kami mencatat ada 25.918. Dan pada tahun 2022 ini ada kenaikan sekitar 33.339, jadi kalau di total ada sekitar 59.317 pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang,” kata Nurul, Kamis (5/1/2022).

Baca Juga: Polisi Tangkap Tersangka Pembunuh Ojek Pangkalan di Tangerang

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya