Comscore Tracker

Jalin Kerjasama dengan JakLingko, PPD Ingin Permudah Beli Tiket Bus

Kerjasama juga dilakukan dengan developer perumahan Tangsel

Tangerang Selatan, IDN Times - Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) dan PT JakLingko Indonesia (PT JLI) lakukan kerjasama pengembangan sistem integrasi pembayaran dan solusi ticketing melalui aplikasi JakLingko.

Dalam rencananya, pengembangan pembelian tiket bus via aplikasi JakLingko akan diterapkan di sejumlah unit transportasi milik Perum PPD pada berbagai rute tujuan baik di Jabodetabek maupun di luar Jabodetabek.

1. Masyarakat didorong gunakan transportasi umum

Jalin Kerjasama dengan JakLingko, PPD Ingin Permudah Beli Tiket BusBus listrik Perum PPD (IDN Times/Muhamad Iqbal)

MoU yang dilakukan sebagai tindak lanjut dari proges JakLingko merampungkan fase 1 pada September 2021. Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa mengatakan, di fase 2 (mobility as a service) ini PT Perum PPD siap mendukung agar ticketing layanan bus Perum PPD diintegrasikan melalui aplikasi JakLingko.

Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan RI agar pengguna layanan bus PPD terintegrasi dengan antarmoda transportasi lainnya. Sehingga diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan transportasi umum.

"Sinergi ini semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas yang telah dibangun oleh Pemerintah pusat maupun daerah, baik dari segi akses maupun sarana pembayaran bagi publik selain mudah, praktis dan terkontrol, juga menurunkan potensi penularan COVID-19, ujar Putu dalam keterangan tertulis, Minggu (20/2/2022).

2. Dengan JakLingko ada integrasi tiket bus

Jalin Kerjasama dengan JakLingko, PPD Ingin Permudah Beli Tiket BusIntegrasi kartu dan aplikasi JakLingko Indonesia (dok. Youtube JakLingko Indonesia)

Direktur Utama PT JLI, Muhamad Kamaluddin mengucapkan terima kasih kepada Perum PPD sebagai BUMN Transportasi pertama yang mempercayakan PT JakLingko Indonesia untuk melakukan penjajakan integrasi ticketing dengan menggunakan sistem pembayaran integrasi melalui JakLingko SuperApp.

Langkah ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk memesan tiket untuk menunjang aktivitasnya yang telah terintegrasi dengan transportasi umum di Jabodetabek, tanpa perlu membawa kendaraan pribadi.

"Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan Perum PPD kepada JakLingko, atas kepercayaannya untuk melaksanakan solusi ticketing yang terintegrasi dengan transportasi umum jaringan JakLingko kedepan," ujar Kamal.

Semoga sinergi ini masyarakat dapat dengan mudah dan nyaman menggunakan layanan transportasi milik Perum PPD yang terintegrasi dengan antarmoda transportasi di Jabodetabek, tanpa harus manual lagi untuk pembelian tiket perjalanan lewat aplikasi JakLingko.

3. Developer berperan penting dorong masyarakat gunakan transportasi publik

Jalin Kerjasama dengan JakLingko, PPD Ingin Permudah Beli Tiket BusWarga bersepeda di kawasan BSD City, Tangerang, Banten (28/6/2020) (IDN Times/Herka Yanis)

Pada momen yang sama, PT JakLingko Indonesia juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama atau MoU dengan tiga developer swasta yang bergerak di bidang properti, di antaranya PT Jaya Real Property Tbk (Bintaro Jaya), PT Lippo Karawaci Tbk, dan PT Graha Tunas Selaras (Podomoro Golf View).

Mitra developer swasta dinilai memiliki peran dan kontribusi positif dalam meningkatkan optimalisasi penggunaan transportasi publik di Jabodetabek.

Diketahui, sinergi dan kolaborasi lintas sektor yang dilakukan PT JakLingko Indonesia dilakukan sebagai langkah percepatan untuk meningkatkan penggunaan transportasi umum, dengan target penggunaan 60 persem di tahun 2029.

Baca Juga: Menuju Nol Emisi, Perum PPD Beli Ratusan Unit Bus Listrik 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya