Comscore Tracker

5 Jenis Ikan yang Biasa Dihidangkan Saat Imlek

Ada filosofi loh di balik berbagai hidangan ikan saat Imlek ini

Hidangan Imlek merupakan salah satu yang ditunggu untuk makan bersama. Selain kue keranjang, siu mie, babi panggang, bahkan bebek panggang, ikan juga gak ketinggalan nih.

Sebagai sumber protein yang tinggi, ikan juga punya makna keberuntungan bagus untuk mengawali tahun baru. Ikan juga bisa dimasak menjadi berbagai macam menu untuk memeriahkan perayaan Imlek.

Tapi, tak semua ikan bisa disajikan saat Imlek loh. Ini 5 jenis ikan yang biasanya disantap bersama keluarga saat perayaan tahun baru Cina. 

Setiap ikan mewakili filosofi yang diyakini orang Tionghoa memiliki makna dan pengharapan baik. 

1. Ikan bandeng

5 Jenis Ikan yang Biasa Dihidangkan Saat Imlekikan bandeng (Instagram.com/tokofiana)

Ikan bandeng disebut "yu" dalam bahasa Mandarin. Arti "yu' sendiri adalah berlimpah, maka ikan bandeng menjadi salah satu ikan yang disantap di hari raya Imlek. 

Saat kita mengonsumsinya, ada harapan untuk membawa rezeki yang berlimpah alias kemakmuran. Orang Tionghoa percaya, ikan ini sebagai sumber keberuntungan.

Biasanya, ikan bandeng dibuat menjadi bandeng kuah kuning, bandeng bakar manis, dan bandeng tumis serai.

Baca Juga: Jelang Imlek, Penjualan Ikan Bandeng di Tangsel Meningkat

2. Ikan jiyu

5 Jenis Ikan yang Biasa Dihidangkan Saat Imlekhidangan ikan (Instagram.com/emaksumring40)

Ikan jiyu adalah ikan yang banyak ditemukan di perarian air tawar Eropa. Ikan ini juga dikenal sejenis ikan mas. 

Bunyi "ji" dalam kata tersebut memiliki arti "semoga beruntung". Ikan jiyu dimakan karena ada kepercayaan bahwa saat memakannya, keberuntungan akan datang di tahun baru ini. 

3. Ikan kap lumpur

5 Jenis Ikan yang Biasa Dihidangkan Saat Imlekikan kap lumpur (Instagram.com/edut5501)

Ikan kap lumpur merupakan jenis ikan yang biasa ditemukan di Malaysia. Sebutan dalam bahasa Mandarin ikan kap lumpur adalah "liyu". 

Bunyi penamaan ikan ini erdengar seperti "li" yang berarti hadiah. Memakan ikan ini menjadi permohonan untuk rezeki di tahun yang baru.

4. Ikan lele

5 Jenis Ikan yang Biasa Dihidangkan Saat Imlekikan lele (Instagram.com/reseppapih)

Pasti sudah tahu, nih. Ikan lele yang punya ciri khas dengan kumisnya dan bentuk yang unik. Ikan lele juga disebut "nyen-yoo" yang terdengar seperti "nianyu" yang dalam bahasa Mandarin berarti surplus tahunan. 

Imlek sebagai perayaan tahun baru Cina dengan tradisi tukar angpao adalah salah satu tindakan nyata dari surplus atau bonus keberuntungan tahun. Ikan lele biasanya dimasak menjadi lele goreng.

Siapa yang selalu mengincar hidangan ikan lele pas Imlek, nih?

5. Ikan kerapu

5 Jenis Ikan yang Biasa Dihidangkan Saat Imlekikan kerapu (Instagram.com/kingresto.id)

Ikan kerapu punya bahasa Mandarin disebut "lee". Namun pilihan jenis yang lebih sering dikonsumsi adalah kerapu crucian.

Kerapu cucian berbunyi "jee-yo" yang terdengar "ji". Bunyi ini punya arti mengharapkan keberuntungan. Banyak diyakini ada keberuntungan yang dimiliki seseorang saat memakannya.

Baca Juga: 10 Ucapan Hari Raya Imlek dalam Bahasa Bali dan Mandarin 

Beberapa ikan di atas adalah jenis ikan yang biasanya disantap saat merayakan Imlek. Hidangan di atas bisa dijadikan masakan yang beragam dan tentunya, maknyus~

Selamat Imlek bagi kamu yang merayakannya.

Baca Juga: Polda Banten Menjaga 28 Wihara Jelang Imlek

agatha dominique Photo Community Writer agatha dominique

insta: @agatha.dmq

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya