Comscore Tracker

Kulineran Praktis Anti-ribet, 3 Makanan Lebak Ini Wajib Kamu Cicipi

Kulineran jadi lebih mudah dan praktis

Kabupaten Lebak dikenal sebagai kota yang memiliki kekayaan akan destinasi dan objek wisatanya. Gak hanya itu, wilayah ini juga memiliki berbagai kuliner yang menarik hati dan perut. 

Kalau kamu sedang mencari makanan praktis dan antiribet?  Nah kira-kira apa aja ya 3 makanan khas Lebak yang wajib kamu cicipi? Yuk, simak ulasannya!

Baca Juga: 9 Wisata di Pandeglang Paling Seru, Gak Jauh dari Jakarta

1. Angeun lada

Kulineran Praktis Anti-ribet, 3 Makanan Lebak Ini Wajib Kamu CicipiTravelingyuk.com/Angeun Lada

Masih menjadi hidangan utama orang Banten, makanan angeun lada banyak dijual di daerah Lebak. Hidangan makanan ini terdiri dari sayuran, daging kerbau atau sapi yang bumbunya merupakan memakai rempah khas Sunda banget, contohnya bawang merah, kemiri, bawang putih, kencur, dan yang paling penting adalah cabai merah untuk rasa pedasnya!

Selain rempah-rempahnya yang kaya makanan ini dilengkapi dengan daun walang yang mengandung banyak minyak atsiri. Umumnya, masyarakat Baduy yang menetap di Lebak kerap menjadikan daun ini sebagai pengusir hama di ladang-ladang mereka.

Sisi menarik yang paling dinanti adalah makanan ini tidak membuat kamu ribet, melainkan cara menyantapnya pun juga sangat praktis. Dan jika kamu ingin mencicipi makanan khas Lebak yang satu ini, kamu tinggal mengunjungi gerai makanan yang tersebar di sini. Praktis dan anti ribet, bukan?

2. Leumeung

Kulineran Praktis Anti-ribet, 3 Makanan Lebak Ini Wajib Kamu Cicipifaktabanten.co.id/Leumeung

Opsi pertama jatuh kepada hidangan Lemang. Makanan ini berasal dari Malingping, Lebak.

Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dilumuri dengan macam-macam bumbu kemudian dipadukan dengan santan kelapa sebagai ciri khasnya. Hidangan ini paling enak dimakan saat hangat.

Ketika kita membelah sisi bagian tengah dari leumeung, wanginya benar-benar menggugah selera loh. Apalagi saat kamu makan, maknyuss. 

Makanan ini juga sangat mudah ditemui di pinggiran jalan atau di pusat perbelanjaan Lebak. Harga perporsinya pun relatif murah yaitu sekitar Rp7.000-15.000 saja. Hidangan ini juga tidak memerlukan alat makan yang berlebihan karena pasti sudah disediakan dalam satu paket menu.

3. Sate bebek

Kulineran Praktis Anti-ribet, 3 Makanan Lebak Ini Wajib Kamu CicipiWisatapro.com/Sate Bebek

Yang terakhir namun tetap paling populer di Lebak adalah sate bebek.  Makanan ini udah jadi menu hidangan sehari-hari bagi penduduk setempat.

Adapun perbedaan sate bebek dengan sate pada umumnya adalah tentunya menggunakan daging bebek sebagai bahan utama. Kemudian sate bebek ini disiram juga dengan kuah gula merah yang dipadukan dengan bumbu-bumbu khas lainnya.

Hidangan ini juga diramaikan cita rasanya dengan beragam rempah-rempah khas Sunda misalnya ketumbar, merica hitam, kemiri, serai, kunyit, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang sering kesulitan memburu makanan ketika berwisata, sate bebek khas Labak adalah solusinya! Selain itu, hidangan ini juga sangat mudah ditemukan sehingga dapat menghemat waktu kamu yang diutamakan untuk berwisata. Praktis dan antiribet dong, pastinya!

Ulasan di atas merupakan referensi 3 makanan khas Lebak yang praktis dan antiribet untuk kamu yang tidak mau waktunya terbuang ketika liburan. Tapi inget ya, makan itu penting lho sebagai sumber energi utama kamu yang hobi jalan-jalan!

Penulis: Raisah Zakiah

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya