Comscore Tracker

Gatrik, Permainan Tradisional Banten yang Kian Jarang Dimainkan

Permainan tradisional kian tergusur oleh gadget

Gatrik adalah salah satu permainan atau kaulinan yang sering dimainkan oleh anak-anak daerah Banten. Alat yang kamu perlukan untuk memainkan gatrik sederhana saja, dua buah media kayu yang ukurannya berbeda.

Saat gadget belum semasif sekarang, permainan ini populer banget loh di kalangan anak-anak, di Jawa Barat dan juga Banten. Selain di dua daerah ini, permainan serupa juga bisa kamu temui di daerah lainnya dengan nama yang berbeda. 

Selain alat yang mudah ditemukan, cara memainkan gatrik pun gampang loh. Setiap pemain wajib mencungkil kayu yang ukurannya lebih kecil yang sudah diselipkan di antara dua buah batu. Kemudian kayu tersebut dipukul.

Permainan ini cocok bagi kamu yang ingin bermain dalam kelompok besar. Untuk itu, biasanya, permainan ini dimainkan di tanah lapang yang luas.

Baca Juga: 8 Alat Musik Tradisional Banten yang Harus Kamu Ketahui

1. Ukuran gatrik dan cara memainkannya

Dalam buku yang berjudul Permainan Tradisional Anak Masyarakat Banten Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten (2014) dijelaskan bahwa permainan gatrik ini memakai alat berupa dua potongan kayu yang memiliki ukuran masing-masing sekitar 30 cm dan 15 cm. 

Ukuran kayu ini sebetulnya bisa disesuaikan, yang penting berbeda ukuran. 

Dalam bermain permainan gatrik, pastikan setiap pemain telah memahami aturan-aturan yang harud dipenuhi. Adapun aturan-aturan dalam permainan gatrik sebagai berikut:

1. Permainan biasanya akan dilakukan oleh anak laki-laki rentang usia 8 – 13 tahun.
2. Permainan dilakukan dengan jumlah pemain minimal 2 orang.
3. Pemain pertama dalam bermain gatrik ditentukan oleh bagaimana tim lawan menangkap kayu tersebut. Misal, pemukulan terdapat pada tim A, maka tim B harus menangkapnya. Jika gagal, maka tim A yang main duluan.
4. Pemenang akan diberikan award atau hadiah berupa gendongan.

2. Tahap permainan gatrik

Gatrik, Permainan Tradisional Banten yang Kian Jarang DimainkanPermainan gatrik (kikomunal-indonesia.dgip.go.id)

Adapun tahapan-tahapan dalam bermain permainan gatrik sebagai berikut:

1. Permainan gatrik akan dimulai, ketika posisi potongan kayu yang ukurannya lebih kecil tersebut diletakkan di antara dua buah batu.
2. Posisi kedua kelompok ketika ingin melangsungkan permainan yaitu saling berhadapan dan hanya dipisahkan oleh dua buah batu yang saling menghiimpit kayu kecil dengan jarak sekitar 2 meter.

3. Kemudian pemain salah satu kelompok mencungkil dan memukul kayu kecil sejauh mungkin menggunakan kayu yang lebih panjang.

4. Apabila kayu yang terhimpat pada batu tersebut telah tercungkil, tim lawan harus menangkap kayu tersebut. jika mereka berhasil menangkap kayu maka tim lawan berhak bermain pertama.

5. Begitupun sebaliknya, jika tim A tidak berhasil menangkap maka tim B yang akan memainkan gatrik pertama.

6. Selanjutnya kayu kecil itu akan terus dipukul dengan kayu yang lebih besar di mana posisi kayu harus terlentang di bawah sampai beberapa kali pukulan hingga jarak pukulannya tersebut sebanding dengan jatrak panjang pemukulnya.

7. Kemudian jika ada salah satu pemukul dari anggota tim yang pukulannya itu melesat atau tidak mengenai kayu kecil, maka orang selanjutnya dari kelompok yang sama terus melakukan pukulan.

8. Begitupun seterusnya hingga anggota dalam satu tim tersebut mendapat giliran semua. 

9. Setelah menyelesaikan pukulan sampai anggota terakhir dalam satu tim yang sama, maka tim lawan memberikan hadiah berupa gendongan dengan patokan jaraknya itu mulai dari bamboo kecil yang terakhir kali dipukul sampai ke batu awal permainan gatrik dimulai.

3. Manfaat permainan gatrik

Gatrik, Permainan Tradisional Banten yang Kian Jarang DimainkanPermainan gatrik (kik

Dalam permainan gatrik ini telah memberikan manfaat kepada anak-anak yang memainkannya. Anak-anak dapat belajar ketangkasan dengan mereka mampu atau tidak dalam memukuk kayu yang berukuran kecil tersebut. 

Selain itu, mereka juga belajar bagaimana cara memperoleh nilai tertingi secara bersama-sama dengan rasa saling membantu antar anggota tim. Mereka akan senantiasa saling bekerja sama dan bahu membahu untuk mencapai tujuan sebagai pemenang.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bakso Nikmat di Tangerang, Bikin Tubuh Hangat

Bagaimana, apakah kamu permain memainkan gatrik? Jika belum, kamu perlu mencoba bermain gatrik bersama teman-temanmu ya

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya