TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Normalisasi Sungai, Cara Tangani Banjir di Pakuhaji Tangerang 

Pemkab kerja sama dengan TNI akan normalisasi sungai

Banjir di Pakuhaji, Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Tangerang, IDN Times -  Wilayah Pakuhaji dan Kosambi tergenang banjir setelah hujan deras mengguyur Tangerang sejak Selasa (18/1/2022). Pemerintah Kabupaten Tangerang pun berencana menormalisasi aliran sungai untuk menangani dan banjir di daerah itu.

"Jadi program normalisasi sungai dan anak sungai kita bekerja sama dengan TNI melalui karya bakti akan kita konsentrasikan di daerah-daerah rawan banjir," kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, seperti dikutip dari Antara, Jumat (21/1/2022). 

Baca Juga: 350 KK di Pakuhaji Tangerang Terdampak Banjir 80 Cm

Baca Juga: Kasus Perkosaan Gadis Difabel Distop, Kompolnas Panggil Polda Banten

1. Banjir di bagian utara Tangerang muncul setelah air sungai meluap

Banjir di Pakuhaji, Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Banjir di dua daerah itu muncul setelah sungai tak bisa menampung air hujan yang turun deras. Aliran sungai pun meluap dan menggenangi permukiman warga sekitar 50-80 centimeter (cm).

Jadi, imbuh Zaki, lokasi-lokasi banjir yang berada di Kabupaten Tangerang terletak  di hilir atau daerah utara di mana aliran sungai dan anak sungai sudah mau masuk ke wilayah laut. 

Sementara itu, wilayah selatan yang juga setiap tahunnya sering terjadi banjir, saat ini telah tertangani melalui normalisasi sungai.

2. Normalisasi sungai pun dinilai berhasil tangani banjir

ANTARA FOTO/Fauzan

Pemkab Tangerang pun akan menormalisasi sungai untuk menekan risiko terjadinya banjir ketika memasuki musim hujan seperti saat ini.

"Normalisasi sungai dan anak sungai ini berhasil, sehingga nanti kita akan terus lakukan hal tersebut di daerah-daerah yang menuju ke laut atau hilirnya," ungkap Zaki.

Berita Terkini Lainnya