TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KKP Bandara Soetta Antisipasi Kasus Hepatitis Akut Misterius

Bagaimana mencegahnya? Simak penjelasan IDAI Banten

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tangerang, IDN Times - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mengantisipasi kasus hepatitis akut misterius. Antisipasi tersebut berupa peningkatan pengawasan khususnya pada penerbangan internasional.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta, Darmawali Handoko mengatakan, peningkatan pengawasan dilakukan pihaknya sejak akhir April 2022 dan terus ditingkatkan, terutama pada periode lebaran. Hal ini lantaran, pada periode tersebut, pergerakan orang untuk berpergian memiliki intensitas cukup tinggi.

"Sejak akhir April, sudah ada peningkatan kewaspadaan di klinik KKP serta di kedatangan Luar Negeri, terutama pada negara yang memiliki riwayat penyakit tersebut (hepatitis akut)," kata Darmawali, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga: Kadinkes: Kasus Hepatitis Akut Belum Ditemukan di Banten 

1. KKP Soetta telusuri riwayat bepergian penumpang

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Darmawali menjelaskan, beberapa langkah antisipasi pun juga dilakukan pihaknya, seperti menelusuri riwayat bepergian, apakah dari negara dengan kasus tersebut.

"Kami juga mewaspadai adanya kasus dengan ikterik, menelusuri riwayat bepergian apakah dari negara dengan kasus tersebut, serta melakukan rujukan jika dicurigai ke arah kasus itu," ujarnya.

2. Darmawali memastikan, petugas belum menemukan kasus hepatitis akut

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Meski demikian, ia memastikan bila hingga saat ini, belum ditemukan kasus yang menuju ke diagnosa penyakit tersebut.

"Sampai saat ini belum ditemukan," jelasnya.

Baca Juga: IDI: Ahli Selidiki Hepatitis Akut Penyebab 3 Anak Meninggal

Berita Terkini Lainnya