TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BIN Gelar Rapid dan Swab Test Gratis di Kota Tangerang

Ada ratusan warga yang ikut tes untuk penelusuran COVID-19

Pedagang Pasar Keputran di-rapid test. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Kota Tangerang, IDN Times - Layanan Medical Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar  rapid dan swab test massal di halaman Masjid Ar Rayyan, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Rabu (15/7/2020). 

Ketua Pelaksana Harian Sub Gugus Tugas BIN Brigjen TNI Irwan Mulyana mengatakan, dalam pemeriksaan gratis tersebut pihaknya menyiapkan 40 tenaga medis dan dua unit mobil laboratorium. 

"Kita awalnya menggelar rapid test dulu, setelah ditemukan ada yang reaktif baru kita akan lakukan tes PCR atau swab test," ujarnya.

Baca Juga: Guru Kota Tangerang Pecahkan Muri, Bikin Ratusan Video Pembelajaran

1. Tes masal ini atas permintaan Pemkot Tangerang

Wali kota Tangerang, Arief Wismansyah melakukan pemantauan terhadap protokol kesehatan di fasilitas publik (Instagram.com/@ariefwismansyah)

Irwan mengatakan, dipilihnya Kota Tangerang untuk pemeriksaan COVID-19 secara massal, karena permintaan dari pemerintah daerah setempat. Selain itu, karena Kota Tangerang merupakan daerah penyangga ibu kota yang masih dalam kategori rawan penyebaran COVID-19. 

"Kita juga sudah beberapa kali melakukan kegiatan, baik di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur," jelas Irwan. 

2. Masyarakat diminta ikuti aturan pemerintah

Pengendara tidak menerapkan protokol kesehatan (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Irwan meminta masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dan mengikuti aturan pemerintah pusat maupun daerah dalam mencegah penyebaran COVID-19. 

"Diimbau agar masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol dan masyarakat juga harus sadar hidup bersih," kata Irawan.

Baca Juga: Resesi Singapura Bisa Menular ke Indonesia?

Berita Terkini Lainnya