TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dindik: 75 Ruang Kelas di Kabupaten Tangerang Tak Layak Pakai

Perbaikan dengan biaya Rp35 miliar dilakukan

Ilustrasi sekolah rusak (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Tangerang, IDN Times - Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Tangerang mencatat sebanyak 75 ruang kelas atau bangunan sekolah yang sudah tidak layak ada di wilayahnya. Kepala Dindik Kabupaten Tangerang, Syaifullah mengatakan, mayoritas penyebab kerusakan adalah faktor usia.

Untuk itu, pihaknya tengah memperbaiki ruang kelas yang tak layak dengan anggaran sekitar Rp35 miliar. Dana itu bersumber dari APBD murni tahun 2022. 

"Karena memang Pemerintah Kabupaten Tangerang begitu mengutamakan perhatian terhadap kondisi fisik sekolah dan Insya Allah kami akan terus menyikapi secara bijak dalam penanganan ini," ungkapnya, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga: Musim Penghujan, BPBD Kota Tangerang Gencarkan Koordinasi Kebencanaan

1. Sekolah di wilayah rawan banjir juga jadi prioritas

Ilustrasi banjir. ANTARA FOTO/Fauzan

Tak hanya ruang kelas tak layak, pihaknya pun mendata sekolah yang terindikasi masuk dan berlokasi di wilayah rawan bencana. Di Kabupaten Tangerang sendiri titik berada di Kecamatan Pasar Kemis. 

Dinas Pendidikan Tangerang, kata dia, juga sudah memasukkan sekolah di wilayah rawan bencana itu ke daftar prioritas dan fokus perhatian.  

"Karena memang wilayah itu sangat rawan banjir, sehingga kami bekerja sama dengan perangkat desa dan kecamatan setempat untuk menyikapi dengan prioritas utama," ujarnya. 

2. Renovasi ringan sekolah akan gunakan dana BOS

Ilustrasi uang rupiah (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Ia menambahkan, untuk kedepannya pihaknya akan terus berupaya melakukan penanganan berkelanjutan sesuai dengan perintah Permendikbudristek dalam mengatasi sekolah-sekolah tidak layak. 

"Nanti untuk kegiatan rehab-rehab ringan bisa melalui anggaran dana BOS yang diberikan oleh pemerintah pusat atau pemerintah daerah," tutur dia.

Baca Juga: Soal Pakaian Adat di Sekolah, Pemkab Tangerang Tak Mau Bebani Orangtua

Berita Terkini Lainnya