TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hebat! Pasutri di Ciledug Ubah Atap Rumah Jadi Kebun Sayur Hidroponik

Penghasilannya Rp5 juta per bulan

ANTARAnews

Kota Tangerang, IDN Times - Pasangan suami istri, Rudi Berry dan Sutriani Kamal, sukses memodifikasi atap rumahnya menjadi kebun hidroponik. Warga Sudimara Barat, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang ini pun kini meraup keuntungan dari kebun mereka.

Berkat inovasinya itu mereka berhasil meraih keuntungan Rp5 juta pada masa panen setiap bulan. "Awal mulanya, Oktober tahun lalu dapat bantuan satu blok wadah hidroponik dari kecamatan. Dari situ, saya terus pelajari dan kembangkan hingga saat ini punya 12 blok," kata Rudi pada Selasa (11/8/2020).

Baca Juga: 5 Karyawan Terpapar COVID-19, Bank Banten Tutup Sementara Kantor Pusat

Baca Juga: Ramai Soal Resesi Ekonomi, Apa ya Artinya?

1. Rudi menjual sayur hasil tani hidroponiknya di lingkungan sendiri

Pexels.com/Ella Olsson

Rudi menuturkan, sejauh ini hasil panen baru dipasarkan di sekitar lingkungan dan para UMKM di Kecamatan Ciledug. Pembeli, dapat memanen atau memilih sendiri sayuran yang diinginkan, dengan harga yang terjangkau Rp4 ribu per ikatnya.

"Di lingkungan dekat rumah dan UMKM aja, saya sudah kewalahan melayaninya. Ditambah lahan budidaya saya terbatas. Jadi, belum berani jual ke lokasi lain," kata dia.

2. Berkat usaha hidroponik itu mereka bisa menghasilkan Rp5 juta setiap bulan

Ilustrasi uang. IDN Times/Zainul Arifin

Rudi mengatakan, dengan ketelatenan berbudidaya sayuran hidroponik, Ia sukses memanen untung sekitar Rp5 juta setiap bulan.

"Memilih berbisnis hidroponik, buat saya menjanjikan. Selain lebih mudah, bercocok tanam hidroponik itu lebih efisien, hemat biaya, perawatannya tidak capek. Dan yang terpenting masa panennya lebih cepat dibanding bercocok tanam konvensional," ujarnya.

Baca Juga: Pandemik, Pemkot Tangsel Tetap Gelar Upacara Kemerdekaan

Hebat ya, jadi inspirasi nih.

Berita Terkini Lainnya