TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Soal Prostitusi Anak, KPAI: Pemkot Tangerang Harus Evaluasi Program 

Kasus terjadi, program dari Pemkot sudah efektifkah?

Dok. IDN Times/Hakim

Kota Tangerang, IDN Times - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang Trafficking dan Eksploitasi Ai Maryati Solihah meminta dinas tyang terkait isu perlindungan anak harus mengevaluasi program mereka. Hal itu menyusul kasus belasan anak terjebak dalam prostitusi di Kota Tangerang. 

Ai merujuk Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang. Ai ingin mengetahui, apakah  program-program DP3AP2KB efektif atau tidak.

"Mungkin program yang dipunyai tidak tepat sasaran atau adaptasi terhadap situasi kebaruan ini yang delay. Sehingga dianggapnya edukasi ini mengumpulkan orang gak mungkin, sehingga tidak terselenggara," ujarnya Senin (22/3/2021).

Baca Juga: 15 Anak Korban Prostitusi Online di Hotel Alona Akan Diberi Konseling

Baca Juga: Begini Fakta Prostitusi Anak di Bawah Umur di Kota Tangerang

1. Kasus dugaan prostitusi di Hotel Alona harus dibongkar hingga mendalam

Ilustrasi Prostitusi (IDN Times/Mardya Shakti)

Ai mengatakan, kasus yang melibatkan sekitar 15 anak di bawah umur tersebut harus dibongkar hingga mendalam. Sebab, kasus itu bukan sekedar individu membeli sex tapi telah melibatkan penyedia hotel.

"Pasti pola-polanya sudah kok yang dicari anak di bawah umur, pasti ada supply and demand, ada juga kelompok yang memang sengaja mencari, mengumpulkan (PSK dibawah umur)," katanya.

2. KPAI akan Pemkot Tangerang soal ini

Arief R Wismansyah (Dok. Istimewa)

Selain mendampingi para korban, KPAI juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan pusat terkait maraknya hotel dengan layanan berbasis aplikasi sebagai lokasi prostitusi. Sebab, layanan hotel online itu seringkali dimanfaatkan sebagai tempat prostitusi anak-anak.

“Ini tantangan kita, kita akan segera koordinasi karena memang ada indikasi penyediaannya di hotel itu,” ungkapnya.  

Baca Juga: Dianiaya, Anak di Tangerang Alami Patah Tulang

Berita Terkini Lainnya