TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wali Kota Airin Siapkan Skema Vaksinasi COVID-19 untuk Warga Tangsel 

Pemerintah setempat mulai mendata warga

IDN Times/Muhamad Iqbal

Tangerang Selatan, IDN Times - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany mengungkap tengah menyiapkan skema persiapan pemberian vaksin COVID-19 dengan berkoordinasi pada pemerintah pusat.

Airin menyebut, dimulai dengan melakukan pendataan terhadap jumlah penduduk berdasarkan klaster usia. Kemudian pendataan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki guna pemberian vaksin secara massal terbatas.

“Vaksinasi terlepas dari kapan pun, kami atas arahan dari Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Tangsel bahwa kita membuat skema pendataan berapa jumlah penduduk, usia berapa-berapa, lalu kita klaster,” ujar Airin, Jumat (23/10/2020).

Baca Juga: Banten Dapat Jatah 8,1 Juta Vaksin COVID-19 

1. SDM untuk persiapan vaksinasi tengah disiapkan

Ilustrasi vaksin (ANTARA FOTO/AAP Image/David Mariuz via REUTERS)

Untuk SDM, kata Airin, pihaknya telah menyiapkan banyak dokter, perawat dan tenaga medis lainnya. Untuk teknis pelaksanaannya pun Airin meminta dinas terkait menggandeng berbagai pihak.

Meski demikian, Airin  belum bisa memastikan apakah akan menggelar simulasi terlebih dulu sebelum pemberian vaksin.

“Tapi sejauh ini laporan dari dinas kesehatan dan yang saya perintahkan ke dinas kesehatan, cek data SDM di bidang kesehatan berapa yang kita punya, dan klastering terhadap masyarakat di Kota Tangsel,” ungkapnya.

2. Banten dapat jatah 8,1 juta vaksin COVID-19

IDN Times/ Khaerul Anwar

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti memastikan Banten mendapatkan jatah sebanyak 8.131.798 juta vaksin virus corona atau COVID-19 dari pemerintah pusat.

Vaksin tersebut rencananya akan disalurkan secara bertahap mulai Desember 2020.

Baca Juga: Ini Perbedaan Vaksin Merah Putih vs Vaksin Sinovac

Berita Terkini Lainnya