Comscore Tracker

Arus Mudik Kota Tangerang Diprediksi Mulai H-10 Lebaran

Pemudik, disiplin protokol kesehatan ya

Tangerang, IDN Times - Dinas Perhubungan Kota Tangerang memprediksi arus mudik meningkat sejak 10 hari sebelum Lebaran atau H-10. Pemudik juga diperkirakan akan memadati terminal, bandara, dan perjalanan darat di musim mudik tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Wahyudi Iskandar mengungkap, pada dua pekan menjelang Lebaran, masih belum terlihat tanda-tanda kepadatan pemudik.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner di Pasar Lama Tangerang untuk Buka Puasa

1. Kenaikan penumpang di Terminal Poris Plawad akhir pekan lalu karena ada libur nasional

Arus Mudik Kota Tangerang Diprediksi Mulai H-10 LebaranANTARA FOTO/Fauzan

Baca Juga: Potret Pemudik Mulai Padati Terminal Poris Plawad Tangerang

Wahyudi mengungkap, ada kenaikan penumpang di Terminal Poris Plawad pada akhir pekan lalu. Namun, dia menduga, kepadatan itu karena ada libur rangkaian Jumat Agung hingga Paskah sehingga kenaikan penumpang tak terlalu signifikan.

"Biasanya jumlah penumpang sehari itu ada 300-400 orang per hari. Namun, kemarin sempat mencapai 700 orang. Itu karena ada libur nasional," kata Wahyudi, seperti dikutip dari situs Antara (18/4/2022). 

2. Pemudik diminta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan

Arus Mudik Kota Tangerang Diprediksi Mulai H-10 LebaranIlustrasi vaksin COVID-19 (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Wahyudi juga mengimbau agar para pemudik tetap disiplin dan terus menjaga protokol kesehatan selama perjalanan ke kampung halaman. Dengan demikian, imbuhnya, mudik dapat terlaksana dengan aman, dan nyaman.

"Jangan lupa juga untuk lengkapi vaksinasi," kata dia. 

Untuk keperluan vaksinasi para pemudik ini, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang juga akan menyediakan sentra layanan vaksinasi COVID-19 penguat (booster) di beberapa Posko Lebaran 2022.

3. Cek nih daftar posko yang menyediakan vaksin COVID-19

Arus Mudik Kota Tangerang Diprediksi Mulai H-10 LebaranIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Kasatlantas Polresta Tangerang Kompol Fikry Ardiansyah mengungkap, pihaknya akan menyiapkan 6 posko pengamanan jalur mudik. Tiga di antaranya akan diengkapi layanan vaksinasi booster. 

"Pertama di Posko Layanan Mudik Citra Raya. Dua Posko Rest Area KM 43, dan KM 45, baik itu di jalur A/B atau arah Jakarta maupun Merak," kata dia, seperti dikutip dari Antara, Selasa (19/4/2022). 

Ia menuturkan penyediaan sentra layanan vaksinasi ditujukan untuk pelayanan para pemudik yang belum sempat mendapat vaksin, baik dosis pertama, kedua maupun ketiga atau booster.

"Dalam pelayanan ini, kita akan dibantu petugas dari Dinas Kesehatan setempat dan Dokpol Polresta Tangerang," ujarnya.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya