Comscore Tracker

Baru Diresmikan WH, Nama Stadion Baru di Banten Akan Ditinjau Ulang

Muktabar: kalau belum sesuai, kita sesuaikan UU

Serang, IDN Times - Pj Gubernur Banten Al Muktabar akan meninjau ulang penamaan stadion baru yang beberapa hari lalu diresmikan mantan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Sebelumnya, nama stadion terbesar di Banten itu diberi nama Banten International Stadium (BIS) tidak menggunakan bahasa Indonesia."Nanti kita lihat (nama BIS)," kata Al Muktabar, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga: Peresmian Banten International Stadium Habiskan Anggaran Rp2,4 Miliar 

1. Al Muktabar akan menyesuaikan nama stadion dengan mengacu pada UU

Baru Diresmikan WH, Nama Stadion Baru di Banten Akan Ditinjau UlangIDN Times/Khaerul Anwar

Muktabar mengaku, akan mengacu sesuai perundang-undangan dalam meninjau ulang nama stadion itu. 

"Kita melaksanakan tugas sesuai peraturan perundang-undangan. Nanti kita cek, kalau belum sesuai kita sesuaikan," katanya.

Diketahui, nama BIS sempat menjadi sorotan lantaran tak menggunakan bahasa Indonesia. Dimana berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Adapun kewajiban penggunaan bahasa Indonesia termaktub dalam Perpres 63 Tahun 2019.

Bunyi UU 24/2019 Pasal 36 ayat 3 yakni: Bahasa Indonesia wajib digunakan untuk nama bangunan atau gedung, jalan, apartemen atau permukiman, perkantoran, kompleks, perdagangan, merek dagang, lembaga usaha, lembaga pendidikan, organisasi yang didirikan atau dimiliki oleh warga negara Indonesia atau badan hukum Indonesia.

Bahkan,  dalam Perpres yang diteken Presiden Joko Widodo kewajiban penggunaan bahasa Indonesia dalam fasilitas publik tercantum dalam pasal 33. Stadion olahraga masuk bangunan atau gedung yang diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia.

2. Muktabar tak segan-segan mengubah nama stadion

Baru Diresmikan WH, Nama Stadion Baru di Banten Akan Ditinjau UlangDok. Istimewa/Pemprov

Kendati demikian, disampaikan Al Muktabar, nama dalam tulisan BIS pun bisa dibahasaindonesiakan. Dia tidak mengambil pusing soal nama, jika ada keharusan diubah maka tak akan segan-segan mengubah.

"Nanti kita cek lah," tuturnya.

3. Sebelumnya Wahidin kekeuh gunakan bahasa asing

Baru Diresmikan WH, Nama Stadion Baru di Banten Akan Ditinjau UlangIDN Times/Khaerul Anwar

Sebelumnya, mantan Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan tidak akan mengganti nama stadion yang baru diresmikannya tersebut. Dia menilai penggunaan bahasa asing agar dunia mengetahui bahwa Provinsi Banten memiliki stadion bertarif internasional dan berstandar FIFA.

"Emang salahnya apa? sekarang sudah jadi bahasa anak-anak, bahasa medsos, bahasa modern," kata Wahidin usai meresmikan Banten International Stadium, Senin (9/5/2022) lalu.

Baca Juga: Ini Capaian Wahidin-Andika Selama 5 Tahun Pimpin Banten  

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya