Cuaca Ekstrem dan Erupsi Krakatau Tak Pengaruhi Wisatawan ke Anyer 

Okupansi hotel hampir 100 persen

Serang, IDN Times - Kunjungan wisatawan ke Pantai Anyer terus meningkat. Cuaca ekstrem dinilai tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Pantai Anyer, Kabupaten Serang.

Padahal, terjadi hujan dengan intensitas sedang, hingga tinggi disertai angin kencang dan petir selama libur Natal dan Tahun Baru 2023. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang Yurlena Rachman saat ini kondisi pariwisata di Serang sudah mulai pulih. 

1. Saat malam pergantian tahun, okupansi hotel hampir sentuh 100 persen

Cuaca Ekstrem dan Erupsi Krakatau Tak Pengaruhi Wisatawan ke Anyer (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Bahkan saat malam pergantian tahun, lanjut Yurlena, okupansi hotel cukup baik, mendekati 100 persen. Pihaknya, hingga saat ini belum menerima laporan adanya kecelakaan atau bencana alam yang disebabkan cuaca ekstrem di pesisir Pantai Anyer.

”Kondisi Pantai aman dan nyaman untuk dikunjungi,” katanya, Sabtu (7/1/2023).

2. Gelombang pantai masih amanm meski adanya erupsi Gunung Anak Krakatau

Cuaca Ekstrem dan Erupsi Krakatau Tak Pengaruhi Wisatawan ke Anyer Ilustrasi sejumlah wisatawan memanfaatkan waktu rekreasi ke pantai tak gunakan masker. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang Beni Kusnandar mengatakan, wisata pantai favorit Kabupaten Serang saat ini adalah Anyer-Cinangka.

“Alhamdulillah, sesuai arahan Ibu Bupati Serang, kami terus berkoordinasi dengan PHRI maupun stakeholder pariwisata untuk terus memajukan objek wisata di Kabupaten Serang,” ucapnya.

Menurut Beni, kondisi wisata Anyer-Cinangka kerap kali terpengaruh oleh informasi media, baik media massa maupun media sosial. Antara lain saat ada informasi terkait perkembangan Gunung Anak Krakatau (GAK) maupun gelombang pantai. Padahal kata Beni, letusan GAK jauh dari Pantai Anyer-Cinangka, serta berada pada wilayah aman.

“Termasuk gelombang pantai sekarang masih terbilang aman bagi wisatawan. Kami pun terus berkoordinasi dengan PHRI agar terus membuat wisatawan aman dan nyaman,” katanya.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Erupsi, Semburkan Abu Setinggi 3.157 Meter

3. Semua pihak diharapkan sinergi majukan wisata

Cuaca Ekstrem dan Erupsi Krakatau Tak Pengaruhi Wisatawan ke Anyer (Pantai Anyer) IDN Times/Dwifantya Aquina

Dia berharap, koordinasi PHRI pada kepengurusan yang baru semakin kuat bersama Pemkab Serang. Saling berbagai tugas untuk mengoptimalkan objek wisata.

"Pengelolaan Pantai Anyer-Cinangka, menjadi tanggung jawab bersama dan dilakukan secara pentahelix,” katanya.

Baca Juga: Pengunjung Pantai Anyer Serang Relatif Sepi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya