Comscore Tracker

Erick Thohir Dapat Gelar Dulur Baduy dari Masyarakat Adat

Erick menjadi orang luar yang pertama mendapat Dulur Baduy

Lebak, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendapatkan gelar adat 'Dulur Baduy' dari masyarakat adat Suku Baduy. Penyematan penyematan gelar adat dilakukan di Saung Adat Baduy di Kampung Cepak Huni, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

Prosesi penyematan didampingi oleh tiga tetua adat dari Baduy Dalam yang secara khusus hadir menyaksikan penganugerahan tersebut. Upacara adat itu juga disaksikan secara langsung oleh ratusan warga Baduy Luar dan Dalam.

Baca Juga: Ratusan Warga Suku Baduy Ikuti Vaksinasi 

1. Ungkapan apresiasi tertinggi dari masyarakat adat

Erick Thohir Dapat Gelar Dulur Baduy dari Masyarakat AdatIDN Times/Muhamad Iqbal

Tetua Adat Baduy Jaro Saija mengatakan, gelar 'Dulur Baduy' itu berangkat dari ungkapan terima kasih tertinggi karena Erick Thohir yang menyempatkan waktunya langsung menemui korban kebakaran di Kampung Baduy.

Saat menerima gelar, Erick disematkan baju adat Baduy yang didominasi warna hitam serta lomar atau ikat kepala khas Baduy yang didominasi warna biru.

"Penyematan ini dilakukan sebagai bentuk rasa terima kasih kepada Pak Menteri karena telah mengujungi titik paling selatan di Baduy," kata Saija kepada wartawan, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga: 8 Potret Warga Baduy Setelah Kebakaran Melanda

2. Orang pertama yang dapat gelar Dulur Baduy

Erick Thohir Dapat Gelar Dulur Baduy dari Masyarakat AdatMenteri BUMN Erick Thohir (IDN Times/Teatrika Handiko

Salah satu tokoh suku Baduy Dalam, Ayah Mursyid menjelaskan prosesi gelar adat Dulur Baduy kepada Erick Thohir merupakan peristiwa kali pertama  terjadi yang dianugerahkan kepada orang luar Suku Baduy.

Ayah Mursyid mengatakan proses disematkannya Dulur Baduy kepada Erick Thohir tidak sekonyong-konyong terjadi, melainkan melalui proses yang panjang.

"Gelar Dulur Baduy ke Pak Erick Thohir itu berawal dari firasat yang datang melalui tokoh-tokoh adat Baduy. Firasat yang datang itu dibawa ke dalam musyawarah di antara tokoh dan Jaro Adat Baduy yang akhirnya menyepakati agar diberikan gelar Dulur Baduy pada Pak Erick," katanya.

Baca Juga: Mengenal Suku Baduy dan Baju Adatnya yang Sederhana

3. Erick janji menjaga nilai ajaran Baduy menjaga kelestarian alam

Erick Thohir Dapat Gelar Dulur Baduy dari Masyarakat AdatIDN Times

Setelah mendapat gelar Dulur Baduy itu, Erick berjanji akan mengimplentasikan nilai-nilai Suku Baduy, diantaranya menjaga dan melestarikan alam.

"Baik itu saya sebagai individu, atau jabatan sebagai Menteri BUMN. Tentu, BUMN harus menjadi perusahaan yang mampu menjaga alam Indonesia," jelasnya.

Lanjutnya, perasaan saat dianugerahi gelar Dulur Baduy sama dengan perasaannya ketika dirinya diminta menjadi Menteri BUMN. Erick bercerita, saat diminta menjadi Menteri BUMN, dia sadar besarnya tanggung jawab yang diemban, sebab sepertiga perekonomian Indonesia adalah BUMN.

"Tentu pikiran dan tenaga saya harus memfokuskan tanggung jawab sebagai Menteri BUMN. Perasaan ini sama ketika saya digelari Dulur Baduy tentu ini juga harus dipertanggungjawabkan semaksimal mungkin," katanya.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya